EVALUASI PELAYANAN PASAR PADA KANTOR UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PASAR WILAYAH II DINAS PERDAGANGAN KABUPATEN KULON PROGO

Suyanto, Edi and Purwadi, Didik and Priyastiwi, Priyastiwi (2019) EVALUASI PELAYANAN PASAR PADA KANTOR UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PASAR WILAYAH II DINAS PERDAGANGAN KABUPATEN KULON PROGO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172203735 EDI SUYANTO 1-3.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text
172203735 EDI SUYANTO 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) dibidang pelayanan pasar diperlukan suatu evaluasi. Evaluasi sendiri adalah suatu proses identifikasi untuk mengukur/menilai apakah suatu kegiatan atau program yang dilaksanakan sesuai perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana pelayanan pasar pada kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Wilayah II Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini dengan menggunakan Metode kualitatif deskriptif dimana peneliti memberikan gambaran mengenai pelaksanaan implementasi kebijakan tentang pelayanan pasar salah satunya adalah pemungutan retribusi pasar. Adapun yang menjadi sampel penelitian sejumlah 30 responden yang tersebar 5 pasar untuk masing-masing pasar terdiri dari 6 Orang yaitu 1 petugas pemungut dan 5 pedagang pasar dengan rincian pasar sebagai berikut : Pasar Sentolo, Pasar Jombokan, Pasar Clereng, Pasar Kenteng dan Pasar Nanggulan. Hasil dari penelitian adalah sebagai berikut : 1.Kualitas dan pelayanan petugas Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Wilayah II Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo berdasarkan deskripsi tingkat kesesuaian harapan variable variabel yang dominan adalah assurance dengan nilai rata rata 3,78 (sangat penting) dan Emphaty dengan nilai 3,76 (sangat penting). 2.Kualitas dan pelayanan petugas Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Wilayah II Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo berdasarkan deskripsi tingkat kesesuaian kinerja variabel yang dominan adalah Variabel Assurance dengan nilai 3,77 (sangat memuaskan). 3.Hasil pembahasan rata-rata yang diperoleh dari variable tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty antara harapan dan kinerja responden Kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Wilayah II Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo rata-rata GAP yaitu 0,15 termasuk sangat puas. Kata kunci: pelayanan pasar, UPT pasar

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Keuangan Publik
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 29 Oct 2019 04:18
Last Modified: 29 Oct 2019 04:18
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1004

Actions (login required)

View Item View Item