EVALUASI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BULUSPESANTREN I KABUPATEN KEBUMEN

Prakosa, Endra Tri and Purwadi, Didik and Zulkifli, Zulkifli (2019) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS BULUSPESANTREN I KABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172903821 ENDRA TRI PRAKOSA 1-3.pdf

Download (358kB) | Preview
[img] Text
172903821 ENDRA TRI PRAKOSA 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kelayakan pelayanan kesehatan di Puskesmas Buluspesantren I Kabupaten Kebumen agar optimal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Fokus penelitian ini adalah analisis kelayakan kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas (kompetensi teknis, dimensi keamanan, dimensi kenyamanan, dimensi informasi dan dimensi ketepatan waktu. Sumber data pada penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan data menggunakan editing dan interpretasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclution drawing). Teknik keabsahan data. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam pemeriksaan keabsahan data adalah triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa Puskesmas Buluspesantren I telah memberikan pelayanan kesehatan yang layak dan sesuai dengan harapan pasien BPJS maupun umum. Kualitas pelayanan yang diberikan Puskesmas Buluspesantren I dapat dilihat dari beberapa hal yang menunjukkan kepuasan pasien BPJS maupun umum yaitu Dimensi Kompetensi Teknis (Technical Competence), Dimensi Keamanan (Safety), Dimensi Kenyamanan (Amenities), Dimensi Informasi, dan Dimensi Ketepatan Waktu. Pemerintah Kabupaten Kebumen untuk terus meningkatkan pelaksanaan Layanan kesehatan kepada masyarakat dan masyarakat pengguna Layanan kesehatan untuk berani untuk mempertanyakan kinerja pegawai secara langsung apabila dirasakan tidak sesuai dengan harapan masyarakat Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Puskesmas Bulus Pesantren

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Rumah Sakit
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 29 Oct 2019 06:41
Last Modified: 29 Oct 2019 06:41
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item