PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 1 SIDOAGUNG KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN

Markhonah, Markhonah and Suprihanto, John and Hamid, Mudasetia (2019) PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SD NEGERI 1 SIDOAGUNG KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172903831 MARKHONAH 1-3.pdf

Download (345kB) | Preview
[img] Text
172903831 MARKHONAH 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Permasalahan dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah kinerja guru SD Negeri 1 Sidoagung Kecamatan Sruweng masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kinerja guru SD Negeri 1 Sidoagung Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui supervisi akademik. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri 1 Sidoagung Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen sebanyak 8 orang. Penelitian dilaksanakan pada bulan juli Agustus 2019 dengan tujuan meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Kegiatan penelitian meliputi (1) tahap persiapan proposal (2) membuat instrumen (3) pelaksanaan supervisi akademik dalam siklus I dan supervisi akademik dalam siklus II (4) menganalisa data (5) pembahasan (6) membuat laporan. Penelitian tindakan sekolah (PTS) termasuk jenis penelitian kualitatif menggunakan Analisis Diskrptif Komparatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan hasil siklus I dan hasil siklus II, Supervisi akademik. Hasil observasi siklus I tingkat kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran masih tergolong rendah maka perlu diadakan supervisi lagi pada siklus II yaitu pelaksanaan tindakan supervisi individual dengan pendekatan non direktif secara berkolaborasi dengan teman sejawat dan menghadirkan guru model. Hasil rata-rata kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada kondisi awal 64,5 (kategori kurang). Hasil rata-rata kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 71 (kategori baik). Peningkatan hasil siklus I dibanding kondisi awal 6,5% Sedangkan hasil rata-rata kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada siklus II sebesar 85 (kategori baik). Peningkatan hasil siklus II dibanding hasil siklus I sebesar 14 %. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, dan hasil penelitian penulis menyimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran di SD N 1 Sidoagung, Kecamatan Sruweng Tahun Pelajaran 2019/2020. Kata kunci: Kinerja guru , Supervisi Akademik

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 29 Oct 2019 07:00
Last Modified: 29 Oct 2019 07:00
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1015

Actions (login required)

View Item View Item