MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS I SD NEGERI 2 KARANGGEDANG

Sumrambahyani, Aris and Suprihanto, John and Hamid, Mudasetia (2019) MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR KELAS I SD NEGERI 2 KARANGGEDANG. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172903841 ARIS SUMRAMBAHYANI 1-3.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text
172903841 ARIS SUMRAMBAHYANI 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menemukan terjadinya meningkatkan minat dan kemampuan menulis permulaan dengan menggunakan media gambar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk :1) Menggambarkan pembelajaran .2) Menemukan terjadinya peningkatan kemampuan siswa dalam membaca setelah menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas I SD Negeri 2 Karanggedang. Penelitian ini dilakukan II Siklus. Prosedur Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus kegiatan yaitu siklus 1 dan siklus 2. Masing-masing siklus terdiri 4 tahap kegiatan yaitu :1) Menyusun rencana tindakan,2) Melaksanakan tindakan, 3) Melakukan observasi.4) Membuat analisis dilanjutkan refleksi. Pada penelitian ini yang melaksanakan kegiatan mengajar sekaligus sebagai observasi. Teknik Pengumpulan Data yang digunakan Wawancara, Observasi, Tes dan Dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SD Negeri 2 Karanggedang Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen yang lokasinya berada dipinggir jalan raya dan jauh dari keramaian. Penelitian dilakukan pada siswa kelas I SD Negeri 2 Karanggedang dengan jumlah siswa 19. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan mulai bulan Juli sampai dengan September 2019 semester 1 tahun pelajaran 2019/2020. Tingkat keberhasilan pelaksanaan siklus 1 adalah 57,8% anak aktif mengikuti pembelajaran, sedangkan pada siklus 2 anak berhasil 94,7%. Jika kedua siklus tadi dibandingkan maka siklus 2 lebih berhasil dari siklus 1, maka pada siklus 2 terdapat keunggulan-keunggulan sebagai berikut: 1) menunjukkan rata-rata siswa tertarik pada kegiatan belajar menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan dengan media gambar; 2) siswa menjadi berani tampil dan dapat mengungkapkan imajinasinya; 3) siswa mampu memainkan beberapa buah-buahan dengan baik; 4) siswa terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas; 5) siswa dapat melaksanakan kegiatan dengan menyenangkan melalui media gambar. Kata Kunci : Media Gambar.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 30 Oct 2019 03:42
Last Modified: 30 Oct 2019 03:42
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1021

Actions (login required)

View Item View Item