PENINGKATAN MINAT MEMBACA SISWA DI MTs NEGERI 2 KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Putranto, Muhamad Dwi and Suprihanto, John and Sutrischastini, Ary (2019) PENINGKATAN MINAT MEMBACA SISWA DI MTs NEGERI 2 KULON PROGO DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172903865 MUHAMAD DWI PUTRANTO 1-3.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
172903865 MUHAMAD DWI PUTRANTO 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (606kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya minat membaca siswa di MTs Negeri 2 Kulon Progo. Minat menjadi kunci untuk menumbuhkan kegemaran membaca, maka madrasah harus melaksanakan upaya-upaya pembinaan yang berkelanjutan agar minat membaca siswa meningkat. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat minat membaca siswa di MTs Negeri 2 Kulon Progo, (2) menganalisis faktor-faktor yang menghambat minat membaca siswa dan (3) mendeskripsikan upaya-upaya yang dilaksanakan MTs Negeri 2 Kulon Progo dalam meningkatkan minat membaca siswanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan beberapa tahap, data yang diperoleh dari hasil wawancara, kuesioner dan dokumentasi di analisis menjadi sebuah informasi baru untuk menarik kesimpulan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) faktor-faktor yang menghambat minat membaca siswa adalah faktor internal yang berasal dari diri siswa sendiri yaitu kurangnya motivasi, keinginan, rasa senang, kuantitas membaca dan sumber bacaan. Sedangkan faktor eksternal merupakan pengaruh dari luar yaitu pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan perkembangan teknologi informasi. (2) Hasil analisis minat membaca siswa MTs Negeri 2 Kulon Progo jika dipersentasekan sebagai berikut: keinginan untuk membaca atas kemauan sendiri 32%, rasa senang membaca buku 40%, kebutuhan terhadap buku bacaan 47%, kuantitas buku bacaan 32%, frekuensi membaca 44%, mendapat motivasi dari orang tua 33%, fasilitas bacaan dari orang tua 37%, motivasi dari guru 44%, motivasi dari teman 45%, fasilitas baca dan pelayanan perpustakaan 45%, aktif dalam pembiasaan membaca 50% dan mencari sumber bacaan dari internet 70%. Data tersebut menunjukkan minat membaca siswa masih rendah sehingga menghambat tumbuhnya minat membaca (2) upaya-upaya peningkatan minat membaca siswa di MTs Negeri 2 Kulon Progo yaitu pembiasaan membaca, pengelolaan sudut baca, wajib kunjung perpustakaan, penyediaan fasilitas baca dan pelayanan perpustakaan, pemberian motivasi, klub baca, membuat karya tulis dan pengahargaan (reward) membaca. Kata kunci: minat membaca, peningkatan minat membaca

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 30 Oct 2019 06:38
Last Modified: 30 Oct 2019 06:38
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1034

Actions (login required)

View Item View Item