MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONGKABUPATEN KEBUMEN

Mubarok, Fakhrudin and Suprihanto, John and Hamid, Mudasetia (2019) MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONGKABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172903890 FAKHRUDIN MUBAROK 1-3.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
172903890 FAKHRUDIN MUBAROK 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Pendidikan Ekonomi dalam arti luas bertujuan untuk mengembangkan kepribadian siswa dalam lingkungan sosial masyarakat, yang penuh kompleksitas masalah yang perlu sekali penanganan yang tepat sehingga tidak menimbulkan potensi konflik sosial dalam masyarakat. Untuk kepentingan tersebut guru lebih berperan sebagai fasilitator, pemandu belajar, yang bertugas membimbing siswa dalam belajar dengan memberikan pengatahuan untuk memahami penerapan konsep. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) berusaha memperbaiki pembelajaran agar tercapai tujuan pengajaran yang optimal, 2) Menjadikan metode jigsaw ini merupakan metode inovasi dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta melatih keberanian siswa mengemukakan pendapat, berfikir integratif yang saling dapat menghormati pendapat orang lain dengan mendengarkan serta menganalisanya. 3) Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif jigsaw. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini, memberikan informasi dan manfaat yang sangat besar bagi pencerahan model pembelajaran, manfaatnya adalah guru mendapatkan suatu pengetahuan yang sangat strategis dalam pembelajaran bervariasi yang dapat memperbaiki dan meningkatkan sistem pembelajaran IPS khususnya mata pelajaran Ekonomi di kelas, sehingga permasalahan yang timbul dalam proses belajar mengajar dapat diminimalisir. Oleh karena itu guru akan memperoleh pengetahuan riil didalam kelas. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan dimulai dari minggu pertama tepatnya pada bulan Juli 2019 sampai dengan bulan September 2019. Peneliti berharap pada penelitian ini akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPS-1 SMA Muhammadiyah Gombong Kecamatan Gombong, serta dapat mendapatkan pengalaman pembelajaran baru guna peningkatan keprofesionalisme guru. Peneliti berharap pada penelitian ini akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, serta dapat mendapatkan pengalaman pembelajaran baru guna peningkatan keprofesionalisme guru. Jadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Muhammadiyah Gombong yang terdiri dari 93 siswa dan sampel kelas X IPS-1 yang berjumlah 25 siswa. Pada siklus I nilai rata-rata mencapai 78.97. Siswa yang memperoleh nilai sangat baik sebanyak 6 siswa, siswa yang memperoleh nilai baik 19 siswa, siswa yang memperoleh nilai cukup 4 siswa, dan siswa yang memperoleh nilai kurang 0 siswa. Pada siklus II nilai rata-rata mengalami kenaikan mencapai 86,90 sudah meningkat dari siklus I. Siswa yang memperoleh nilai sangat baik 13 siswa, yang memperoleh nilai baik 16 siswa dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai kurang. Dengan hasil yang diperoleh terbukti bahwa metode jigsaw dapat :1) Memperbaiki pembelajaran Ekonomi, 2) metode inovasi dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa serta melatih keberanian siswa mengemukakan pendapat, berfikir integratif yang saling dapat menghormati pendapat orang lain. Meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran Ekonomi di kelas X IPS-1 SMA Muhammadiyah Gombong. Kata Kunci : metode jigsaw

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 30 Oct 2019 07:47
Last Modified: 30 Oct 2019 07:47
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item View Item