PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 PONCOWARNO

Wahyudin, Mukhamad Alip and Suprihanto, John and Priyastiwi, Priyastiwi (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 PONCOWARNO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172903825 MUKHAMAD ALIP WAHYUDIN 1-3.pdf

Download (471kB) | Preview
[img] Text
172903825 MUKHAMAD ALIP WAHYUDIN 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (503kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada kelas VII B SMP N 1 Poncowarno kebumen. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar IPS, (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar, (3) mengevaluasi penerapan metode ceramah dalam pembelajaran IPS sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa rendah, (4) peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode Scramble di kelas VII B SMP Negeri 1 Poncowarno. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Poncowarno Kebumen dengan subjek penelitian siswa kelas VII B. Jumlah siswa kelas VII B yaitu 28 siswa teridiri dari laki-laki berjumlah 16 siswa dan perempuan berjumlah 12 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK menggunakan model dari Kemmis dan Taggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor-faktor yang dominan mempengaruhi hasil belajar IPS siswa kelas VII B SMP N 1 Poncowarno belum mencapai KKM yaitu faktor psikologis dan metode pembelajaran, (2) pembelajaran dengan metode ceramah dapat menyebabkan perhatian, minat dan motivasi menurun jika dilakukan dalam waktu yang lama, (3) Penerapan metode ceramah perlu dikolaborasikan dengan metode lain yang variatif serta dilengkapi penunjang media yang menarik agar dapat melengkapi kekurangan yang ada pada metode tersebut, (4) Setelah dilakukan tindakan melalui pembelajaran dengan metode Scramble, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum adanya tindakan melalui metode Scramble ketuntasan belajar siswa dengan acuan KKM IPS 74 sebesar 35,71% dengan rata-rata 68,90. Setelah diterapkan metode scramble, nilai rata-rata kelas VII B meningkat menjadi 86,90 dengan ketuntasan 89,29% pada siklus I, dan 83,60 dengan ketuntasan 85,71% pada siklus II. Penelitian ini dikatakan berhasil karena sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan sebesar ≥ 75. Kata Kunci: Metode Scramble, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:42
Last Modified: 19 Nov 2019 07:42
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item