Guntoro, Guntoro and Widayat, Wahyu and Widiastuti, Nur (2019) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PADA PESERTA KARTU INDONESIA SEHAT DI PUSAT KESEHATAN MASYARAKAT (PUSKESMAS) PADURESO KABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
172903830 GUNTORO 1-3.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
172903830 GUNTORO 4-5.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menyusun upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan terhadap peserta Kartu Indonesia Sehat di Puskesmas Padureso Kabupaten Kebumen. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai bahan masukan bagi pimpinan serta pegawai Puskesmas Padureso Kabupaten Kebumen untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan menurut standar IKM dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, maka tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang didasarkan pada data kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah: hasil wawancara dengan pasien Puskesmas Padureso. Prosedur pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode kuisioner. Dalam penelitian ini teknik analisis datanya dilakukan dengan menggunakan nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dihitung dengan menggunakan nilai rata-rata tertimbang masing-masing unsur pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkkan bahwa kualitas pelayanan kesehatan pada peserta Kartu Indonesia Sehat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Padureso Kabupaten Kebumen belum baik. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menggunakan Indeks Kepuasan Masyarakat yang menunjukkan bahwa indeks pelayanan di Puskesmas Padureso berada di angka 2,67. Ini berarti mutu pelayanan berpredikat “B” dan kualitas unit layanan baik. Namun, masih ada 4 indikator yang masuk dalam kategori kurang baik, sehingga perlu adanya pembenahan dalam hal pelayanan, yaitu reliabilitas, responsivitas, kredibilitas, dan keamanan. Upaya untuk upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan pada peserta Kartu Indonesia Sehat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Padureso Kabupaten Kebumen adalah dengan meningkatkan indikator layanan yang belum baik, reliabilitas, responsivitas, kredibilitas, dan keamanan. Petugas Puskesmas supaya memberikan pelayanan prima pada pasien demi menjaga kepercayaan masyarakat akan pelayanan di Puskesma Padureso. Kata Kunci: Kualitas pelayanan Kesehatan, Puskesmas Padureso, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM)
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Rumah Sakit |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:59 |
Last Modified: | 24 Mar 2021 04:01 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1061 |
Actions (login required)
View Item |