Wahyuni, Ety Sri and Suprihanto, John and Priyastiwi, Priyastiwi (2019) PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 5 KEBUMEN KABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
172903863 ETY SRI WAHYUNI 1-3.pdf Download (371kB) | Preview |
|
Text
172903863 ETY SRI WAHYUNI 4-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (414kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini yaitu kinerja guru di SMP Negeri 5 Kebumen dalam pembelajaran masih rendah. Berdasarkan hasil supervise akademik pada kondisi awal diperoleh hasil dari 28 orang guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran baru 65,71%, pelaksanaan pembelajaran 64,61%, dan penilaian hasil belajar 66,70%. Berdasarkan indicator kinerja dan keberhasilan guru dikatakan berhasil memiliki kompetensi apabila 75% memenuhi standar ketuntasan minimal atas kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kinerja guru dalam pembelajaran masih rendah, 2) menganalisis faktor-faktor apa saja yang menyebabkan kinerja guru dalam pembelajaran masih rendah, 3) mengevaluasi pelaksanaan supervisi akademik Kepala SMP Negeri 5 Kebumen saat ini, 4) menganalisis penerapan supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Sekolah terhadap Kinerja Guru dalam proses pembelajaran dimulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian hasil pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus meliputi empat langkah pokok yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan subyek penelitian guru dan obyek penelitian peningkatan kinerja guru dalam pembelajaran melalui supervisi akademik Kepala SMP Negeri 5 Kebumen tahun 2018/ 2019. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, wawancara, tes unjuk kerja, dan observasi pelaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Humberman dengan langkah-langkah: (1) pengumpulan dan telaah data, (2) reduksi data, (3) penyajian data dan (4) verifikasi menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan kinerja guru di SMP Negeri 5 Kebumen dalam pembelajaran masih rendah karena factor internal guru (motivasi, minat, kemampuan) dan factor eksternal guru (kepemimpinan yang mendukung, sarana prasarana, siswa,dukungan orang tua). Guru belum optimal dalam menyusun perencanaan pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran konvensional,penggunaan media pembelajaran kurang bervariasi sehingga proses pembelajaran tidak efektif dan efisien. Pelaksanaan supervisi akademik oleh Kepala Sekolah saat ini hanya bersifat formalitas dan rutinitas. Dengan tindakan nyata supervisi akademik Kepala SMP Negeri 5 Kebumen dapat meningkatkan kinerja guru yang berdampak pada pembelajaran yang efektif dan efisien yang ditandai dengan meningkatnya: (1) kinerja guru dalam perencanaan pembelajaran dari 73,11pada siklus pertama menjadi 89,29 pada siklus kedua, (2) kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran dari 74,55 pada siklus pertama menjadi 84,57 pada siklus kedua , (3) kinerja guru dalam penilaian hasil belajar dari 71.93 pada siklus pertama menjadi 85,96 pada siklus kedua. Sedangkan indicator keberhasilan kinerja guru adalah 75% memenuhi standar ketuntasan minimal atas kinerjanya. Kata Kunci : Kinerja Guru, supervisi akademik Kepala Sekolah
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 20 Nov 2019 02:57 |
Last Modified: | 20 Nov 2019 02:57 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1065 |
Actions (login required)
View Item |