Kristiana, Hekmawati and Purwanto, Wahyu and Wikaningtyas, Suci Utami (2019) PENINGKATAN KINERJA PELAYANAN PUBLIK DI KELURAHAN WATES KECAMATAN MAGELANG UTARA KOTA MAGELANG. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
171103385 HEKMAWATI KRISTIANA 1-3.pdf Download (321kB) | Preview |
|
Text
171103385 HEKMAWATI KRISTIANA 4-5.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
Abstract
Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang menjadi lembaga terdepan dalam memberikan pelayanan publik di Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang juga menjadi pintu gerbang emas yang akan menghantarkan perangkat lurah dengan citra humanis. Komitmen Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang dalam pembenahan pelayanan publik pada dasarnya difokuskan pada sentra-sentra pelayanan masyarakat, seperti tempat penerima laporan/ pengaduan oleh masyarakat, pengurusan KTP/KK dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengidentifikasi kinerja pelayanan publik di Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang, untuk menganalisis posisi strategi kinerja pelayanan publik di Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang berdasarkan analisis SWOT, untuk merumuskan upaya peningkatan kinerja pelayanan publik di Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, penelitian dilakukan pada objek yang alamiah maksudnya objek yang berkembang apa adanya. Kinerja pelayanan publik di Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara Kota Magelang berdasarkan hasi wawancara mendapatkan tanggapan baik ditinjau dari Prestasi kerja (achievement), kinerja Pelayanan Publik di Kelurahan Wates Kecamatan Wates Utara Kabupaten Magelang dari sisi prestasi kerja pegawai telah menghadirkan pelayanan yang baik kepada masyarakat dari segi pelayanan fisik yang dinilai dari kebersihan dan kenyamanan ruangan kantor; Keahlian (skill), pegawai Kelurahan Wates Kecamatan Wates Kabupaten Magelang memiliki pegawai yang mahir mengoperasikan komputer sehingga bisa bekerja dengan baik, sedangkan pegawai yang keahliannya masih kurang dalam hal tersebut mengatasi kekurangannya dengan melakukan pelatihan mandiri; Perilaku (attitude) mencakup disiplin, komunikasi yang baik, tanggung jawab, dan keramahan pegawai. Pegawai sudah menunjukkan sikap disiplin, keramahan dan komunikasi pegawai telah menunjukkan sikap yang ramah dan sopan kepada masyarakat; Kepemimpinan (leadership), mempunyai sosok pemimpin atau Lurah yang tegas dan disiplin terhadap anggotanya, dalam hal ini pimpinan selalu menginstruksikan kepada pegawai untuk datang ke kantor lebih awal dan mengikuti apel pagi. Sikap disiplin dari seorang pemimpin memang sangat diperlukan karena perilaku pemimpin menjadi cerminan dan contoh sikap bagi anggotanya. Posisi Strategi Peningkatan Kinerja Layanan Publik Di Kelurahan Wates Kota Magelang Berdasarkan Analsis SWOT dari data IFAS di dapatkan nilai rata-rata IFAS adalah 3,24 dan kemudian perhitungan EFAS di dapatkan nilai rata-rata EFAS adalah 3,17 maka posisi titik potongnya pada Strategi “Agresif” (SO) yaitu meningkatkan kinerja pelayanan dengan pelatihan dan menciptakan kebijakan pelayanan publik yang tidak terlalu prosedural dan berbelit-belit. Kata Kunci: kinerja, pelayanan publik
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 02 Dec 2019 07:42 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:52 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1073 |
Actions (login required)
View Item |