BUDAYA PENDIDIKAN MASYARAKAT KELAS BAWAH (Studi Kasus Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan)

Suwanto, Suwanto and Putro, Khamim Zarkasih and Tjahjono, Achmad (2019) BUDAYA PENDIDIKAN MASYARAKAT KELAS BAWAH (Studi Kasus Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan). Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
172603892 SUWANTO 1-3.pdf

Download (426kB) | Preview
[img] Text
172603892 SUWANTO 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah tentang “bagaimanakah budaya pendidikan masyarakat kelas bawah, yang dibagi dalam 3 subfokus, yaitu: 1) Bagaimana karakteristik pembentukan kebiasaan belajar dalam keluarga siswa?; 2) Bagaimana karakteristik hubungan pembelajaran siswa dengan orang tua?; dan 3) Bagaimana karakteristik bentuk fasilitas belajar pada masyarakat kelas bawah Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan.Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan: 1) karakteristik pembentukan kebiasaan belajar dalam keluarga siswa. (2) Untuk mengetahui karakteristik hubungan pembelajaran siswa dengan orang tua. (3) karakteristik bentuk fasilitas belajar dalam keluarga siswa. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Penelitian ini dibatasi pada Budaya Pendidikan Masyarakat Kelas Bawah Desa Kalak Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan. Data utama diperoleh dari informan seperti kepala sekolah, guru, tokoh masyarakat, orang tua, siswa dan sarana penunjang lainnya. Metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis model interaktif (Interactive Model of Analysis). Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah derajat kepercayaan (credibility); keteralihan (transferability); ketergantungan (dependability); kepastian (confirmbility). Hasil dari penelitian ini adalah: (1) karakteristik pembentukan kebiasaan belajar dalam keluarga siswa banyak hal yang dapat ditemukan yakni; anak yang di rumah ada yang belajar, mengerjakan tugas atau PR, membaca catatan hasil belajar di sekolah, membaca dan mengerjakan soal-soal, menyusun buku pelajaran untuk jadwal pelajaran sekolah, menghafal materi, membuat contekan, belajar kelompok, bermain, membantu orang tua, menonton TV, main PS, mengembala hewan ternak, mengasuh adik, membantu berjualan di toko/warung, mengaji/sholat di masjid, les/ekstra; (2) Untuk karakteristik hubungan pembelajaran siswa dengan orang tua yang paling dominan adalah peran seorang ibu, disebabkan ayah sibuk bekerja, pekerja keras, terlalu capek, tidak sabar, ayah merantau, pulangnya larut malam, tidak ada waktu, anak tidak berani, dan lebih cerdas seorang ibu. Hubungan pembelajaran lain dapat ditemukan, anak kurang kasih sayang, orang tua tidak mengerti materi sekolah, kurang memperhatikan kebutuhan anak, anak bila didekati orang tua menjadi bingung, kurang nyaman/didikan, anak dibiarkan bebas, canggung menghadapi anak, ada yang sabar dan bersemangat, anak dikondisikan untuk bekerja saja, membantu kesulitan anak, tidak mempunyai konsep jelas; (3) karakteristik bentuk fasilitas belajar dalam keluarga siswa dapat ditemukan sebagai berikut ; anak tidak mempunyai meja belajar atau ruang belajar, terbiasa belajar di ruang tamu, di tempat tidur, meja makan, teras, ruang TV, tempat ibadah (dampar), gudang, tumpukan kayu, dan ada yang digendong, ruang belajar sempit dan pengap, alat tulis dan buku cukup, tidak menyediakan secara khusus rak buku, meja, almari untuk sarana belajar anak, diajarkan sambil bekerja atau mengasuh anak, namun untuk keluarga yang mampu sudah cukup lengkap sarana belajar anak seperti; lampu cukup memadahi, ada media koran atau majalah, laptop atau computer dan les prifat atau mengikuti ekstra disekolah. Kata kunci: Budaya Pendidikan, Masyarakat Kelas Bawah

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 06 Dec 2019 02:01
Last Modified: 10 Jun 2020 05:41
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item View Item