ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSETS, CURRENT RATIO, TOTAL ASSETS TURNOVER DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN RITEL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016

Rini, Nursita and Hamid, Mudasetia (2018) ANALISIS PENGARUH RETURN ON ASSETS, CURRENT RATIO, TOTAL ASSETS TURNOVER DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN RITEL YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2012-2016. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
144215210-NURSITA RINI unggah.pdf

Download (635kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Return On Asset (ROA), Current Ratio (CR) , Total Assets Turnover (TAT) dan Debt to Equity Ratio (DER), terhadap Return Saham pada perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah selama 5 tahun, mulai dari tahun 2012 sampai dengan tahun 2016. Populasi penelitian ini adalah perusahaan ritel yang sudah dan masih terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2021-2016. Data yang digunakan adalah data sekunder, yaitu data yang diperoleh dari pihak lain dan sudah diolah sebelumnya serta data dipublikasi di website resmi (www.idx.co.id) dan Yahoo Finance. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh 15 perusahaan ritel yang digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ROA memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Return Saham, yang dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.001; (2) CR tidak berpengaruh terhadap Return Saham, yang dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.473; (4) TAT tidak berpengaruh terhadap Return Saham, yang dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.860; (4) DER tidak berpengaruh terhadap Return Saham, yang dibuktikan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.397. Nilai adjusted R Square sebesar 0.159, hal ini berarti kemampuan variabel independen dalam menjelaskan varians variabel dependen yaitu sebesar 15.9%. Sedangkan sisanya 84.1% dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi return saham yang tidak dapat dijelaskan oleh variabel independen dalam penelitian ini. Kata kunci: Return Saham, Return On Asset (ROA), Current Ratio (CR), Total Assets Turnover (TAT) dan Debt to Equity Ratio (DER).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A. Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 13 Mar 2018 03:19
Last Modified: 13 Mar 2018 03:19
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/114

Actions (login required)

View Item View Item