PENGARUH TENURE OF AUDIT DAN INTERVENSI MANAJEMEN TERHADAP INDEPENDENSI AUDITOR DENGAN HIGH FEE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA KAP DI YOGYAKARTA)

Kurnia, Yuli Endah and Tjahjono, Achmad (2018) PENGARUH TENURE OF AUDIT DAN INTERVENSI MANAJEMEN TERHADAP INDEPENDENSI AUDITOR DENGAN HIGH FEE AUDIT SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI EMPIRIS PADA KAP DI YOGYAKARTA). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
162215991 Yuli Endah kurnia unggah.pdf

Download (873kB) | Preview

Abstract

Dalam penugasan audit sering terjadi masalah yang dapat mempengaruhi independensi akuntan publik dimana klien sebagai pemberi kerja berusaha untuk mengkondisikan agar laporan keuangan yang dibuat mempunyai opini yang baik, sedangkan disisi lain akuntan publik harus dapat menjalankan tugasnya secara professional yaitu auditor harus dapat mempertahankan sikap independen dan obyektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lamanya hubungan audit (tenureof audit) dan intervensi manajemen terhadap independensi auditor dengan high fee audit sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik (KAP) di wilayah Yogyakarta. Total responden dari penelitian ini berjumlah 32 auditor. Alat statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 23. Hasil analisa menunjukkan bahwa lamanya hubungan audit (tenure of audit) dan intervensi manajemen berpengaruh negatif dan signifikan terhadap independensi auditor, sedangkan high fee audit yang mempengaruhi hubungan antara lamanya hubungan audit (tenure of audit) dan intervensi manajemen terhadap independensi auditor berpengaruh positif dan signifikan. Penelitian ini memberi kontribusi terhadap pengembangan teori perilaku didalam literatur akuntansi. Lamanya hubungan audit (tenur of audit) dan intervensi manajemen sebagai variabel bebas dan high fee audit yang mempengaruhi hubungan antara lamanya hubungan audit (tenure of audit) dan intervensi manajemen dengan independensi auditor Kata kunci: Lamanya hubungan audit (Tenure of audit), intervensi manajemen, independensi auditor, fee audit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A. Akuntansi > Sistem Informasi Akuntansi dan Pengauditan > Pengauditan
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 13 Mar 2018 05:09
Last Modified: 13 Mar 2018 05:09
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item