PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta dan Universitas PGRI Yogyakarta)

Octaviana, Youlanda Fajar and Hamid, Mudasetia (2020) PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL DAN PEMAHAMAN KODE ETIK PROFESI AKUNTAN TERHADAP PERILAKU ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta dan Universitas PGRI Yogyakarta). Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
file/d/13-u97u0tRnIQcymcfxYCr2aKMnFv9CtY/view_usp=drive_open

Download (71kB)
[img] Text
file/d/1uixjPhH7mVpKYLcuv0DwA_xc-UOERQWT/view_usp=drive_open
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id/

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dilakukan pada mahasiswa Akuntansi STIE Widya Wiwaha Yogyakarta dan Universitas PGRI Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi. Sampel diambil menggunakan teknik purposive samping. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 131 mahasiswa yang terdiri dari 68 mahasiswa akuntansi STIE Widya Wiwaha dan 63 mahasiswa akuntansi Universitas PGRI Yogyakarta. Sebelum melakukan pengambilan data terlebih dahulu dilakukan uji instrumen penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat analisis yang dilakukan adalah uji linearitas, uji multikolinieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan Intelektual tidak berpengaruh positif terhadap terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien regresi bernilai negatif sebesar -0,151. Nilai t hitung -1,285 < t tabel 1,978 dan nilai signifikansinya sebesar 0,201 > 0,05. (2) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,319. Nilai t hitung 3,720 > t tabel 1,978 dan nilai signifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. (3) Kecerdasan Spiritual tidak berpengaruh positif terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,086. Nilai t hitung 1,053 < t tabel 1,978 dan nilai signifikansinya sebesar 0,294 > 0,05. (4) Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,391. Nilai t hitung 6,616 > t tabel 1,978 dan nilai disignifikansinya sebesar 0,000 < 0,05. Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kode Etik Profesi Akuntan, Perilaku Etis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: A. Akuntansi > Akuntansi Manajemen
Divisions: S1 Akuntansi
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 23 Apr 2020 05:06
Last Modified: 23 Apr 2020 05:06
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1165

Actions (login required)

View Item View Item