UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN BAGIAN ADMINISTRASI STNK DAN BPKB DI SAMSAT KOTA YOGYAKARTA

Laksono, Catur Bowo and Syaflan, Meidi and Suhartono, Suhartono (2020) UPAYA PENINGKATAN KINERJA KARYAWAN BAGIAN ADMINISTRASI STNK DAN BPKB DI SAMSAT KOTA YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (71kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Kinerja anggota kepolisian dengan ketepatan waktu dan akurat pelayanan dapat memberikan indikator kinerja yang bermutu. Standar Operasional Prosedur kepengurusan dan penerbitan STNK dan BPKB di Samsat Yogyakarta ialah selama 3 hingga 5. Namun dalam praktiknya, waktu penyelesaian yang dibutuhkan mengalami kemunduran 3 hingga 4 minggu. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi faktor penyebab kinerja karyawan bagian administrasi STNK dan BPKB di Samsat Kota Yogyakarta yang belum optimal dan upaya peningkatan kinerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti juga mengadakan survei naratif untuk klarifikasi dengan standar tertentu. Data yang dipergunakan adalah data primer dan data sekunder yang berasal dari informan di Samsat Kota Yogyakarta, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil peneitian menunjukkan faktor penyebab kinerja karyawan bagian administrasi STNK dan BPKB di Samsat Kota Yogyakarta belum optimal diantaranya ialah: tingginya beban kerja, adanya masyarakat yang belum terlalu faham dengan urutan proses pengurusan, adanya tugas dadakan dan sistem kerjasama yang membuat terjadinya penumpukan kerja. Upaya peningkatan kinerja dengan meningkatkan sistem kerja mengacu pada SOP, peningkatan wasdal dan motivasi dari pimpinan untuk meningkatkan kualitas kinerja, peningkatan kinerja secara mandiri, efektif dan efisien sesuai stadar kerja untuk meningkatkan kuantitas kinerja, menyelesaikan pekerjaan sesuai SOP, mengoptimalkan jam kerja untuk menyelesaikan pekerjaan dan menghindari penundaan pengerjaan tugas untuk meningkatkan ketepatan waktu kerja, menyelesaikan pekerjaan sesuai proporsi tugas untuk meningkatkan masalah kerjasama yang berdampak pada penumpukan kerja. Kata Kunci : Upaya Peningkatan Kinerja, Faktor Kinerja, Kinerja Belum Optimal

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Jun 2020 05:50
Last Modified: 19 Jun 2020 02:25
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item