MEMBANDINGKAN PEMASARAN OFFLINE DAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI KASONGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN 2020

Azizah, Muidatul and Chasanah, Uswatun and Zuraida, Lukia (2020) MEMBANDINGKAN PEMASARAN OFFLINE DAN ONLINE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM DI KASONGAN KABUPATEN BANTUL TAHUN 2020. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (71kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Peralihan pemasaran dari offline ke online memberikan dampak yang positif terhadap kemajuan suatu usaha, diantaranya ialah peningkatan kemudahan transaksi dan tingkat pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi perbedaan pemasaran offline dan online dalam meningkatkan pendapatan UMKM di Kasongan Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini ialah pengrajin gerabah yang berada di Bangunjiwo Bantul sebanyak 200 orang, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh sebanyak 66 responden. Sumber data yang dignakan adalah data primer dan sekunder, sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji beda t-test. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 31 (47,0%) responden telah membuka usaha gerabah 6 hingga 10 tahun, sebanyak 32 (48,48%) responden stay di toko, menggunakan media spanduk serta kartu nama dan telah menjalankan kerjasama sebagai media pemasaran offline, dan sebanyak 24 (36,4%) responden pada bulan Desember 2019 menerima pendapatan sebesar Rp. 4.000.000,- hingga Rp. 6.000.000,-. Sebanyak 24 (36,4%) responden telah menggunakan media online selama tiga tahun, 66 (100,0%) responden menggunakan media online berupa WhatsApp, 26 (39,4%) responden memiliki konsumen yang suka bertransaksi menggunakan WhatsApp, dan sebanyak 33 (50,0%) responden memiliki tingkat pendapatan pada bulan Desember 2019 sebesar Rp. 4.000.000,- hingga Rp. 6.000.000,-. Hasil uji statistik didapatkan nilai p-value sebesar 0,001<0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pemasaran offline dan online untuk meningkatkan pendapatan UMKM di Kasongan Bantul. Kata Kunci: Pemasaran Offline, Pemasaran Online, Pendapatan, UMKM

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 18 Jun 2020 03:47
Last Modified: 19 Jun 2020 03:13
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item View Item