UPAYA MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DASAR MELALUI PENGELOLAAN GUGUS DI GUGUS DEWANTARA UPT DINAS DIKPORA KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO

Arintoko, Arintoko and Widayat, Wahyu and Sofiati, Sofiati (2020) UPAYA MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH DASAR MELALUI PENGELOLAAN GUGUS DI GUGUS DEWANTARA UPT DINAS DIKPORA KECAMATAN KERTEK KABUPATEN WONOSOBO. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (71kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengelolaan Gugus Sekolah Dasar sebagai strategi untuk meningkatkan mutu sekolah, yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian; dan 2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pengelolaan Gugus Sekolah Dasar dalam memfasilitasi kegiatan guru dan kepala sekolah di Gugus Dewantara Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di Gugus Dewantara Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, mendalam, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang mencakup tiga komponen utama, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pengelolaan Gugus Sekolah Dasar sebagai strategi peningkatan kualitas sekolah di Gugus Dewantara Kecamatan Kertek kabupaten Wonosobo mencakup aspek perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atau pengawasan. Pelaksanaan kegiatan gugus mencakup kegiatan untuk kepala sekolah, kegiatan untuk guru, dan kegiatan untuk siswa. Kegiatan untuk guru dikelompokkan ke dalam kegiatan guru kelas rendah dan guru kelas tinggi. Pengawasan kegiatan gugus dilakukan oleh Pengawas Sekolah yang menjadi pembina gugus tersebut.; dan 2) Faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan dalam pengelolaan Gugus Sekolah Dasar Gugus Dewantara Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo dalam memfasilitasi kegiatan guru dan kepala sekolah adalah berupa faktor pembiayaan dan kurang meratanya kualitas SDM. Faktor pendukung pengelolaan Gugus terdiri dari adanya keinginan berprestasi, faktor kepemimpinan, dan sarana-prasarana yang memadai. Kata kunci: Pengelolaan gugus sekolah dasar, pemberdayaan guru

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:52
Last Modified: 19 Jun 2020 03:36
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item