Saidah, Nur (2020) UPAYA PENGEMBANGAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN PADA KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK NEGERI 1 KEBUMEN. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 459-470. ISBN 978-602-51174-9-7
Text
file/d/1OqFsUw9va7Jq26DiJZTLNzr_zEE2B34k/view_usp=drive_open Download (71kB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah Pengembangan pemasaran jasa pendidikan pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaranbelum optimal karena belum dapat memastikan keunggulannya dari kompetensi keahlian lain. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan upaya pengembangan jasa pendidikan belum optimal, menganalisis pengembangan yang sudah dilaksanakan dan upaya pengembangan jasa pendidikan. Metode dan analisis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian memberikan informasi bahwa kekurangpahaman orang tua tentang Kompetesi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran, penunggakan biaya sekolah karena penyalahgunaan bantuan, lokasi SMK Negeri 1 Kebumen jauh dari jalan umum, kurang optimalnya promosi, guru kurang dapat menjadi contoh dan juga kurang meningkatkan (upgrade) kompetensimya, Business Center di Pasar Tumenggungan kurang memadai, pembelajaran Alfa dari personil Alfa kurang memberi materi dan kelas sales kurang praktek diret selling. Upaya pengembangan pemasaran jasa pendidikan pada Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran antara lain : mengikutkan lomba akademik maupun non akademik, mengadakan event, meningkatkan siswa yang berjualan online, membuat aturan pembayaran biaya sekolah, mengadakan fasilitas sekolah untuk trasnportasi siswa dari jalan umum sampai ke SMK Negeri 1 Kebumen, membuka web Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran ataupun bakti sosial, bermintra dengan Business Center ntuk menjadi suplayer dan meningkatkan kompetensi guru yang berupa diklat dan workshop, menyewa untuk sarana praktek lebih luas dan bertempat tinggal yang startegis dan juga membuat aplikasi transaksi penjualan yang dapat digunakan untuk pelaporan direct selling, berkoordinasi dengan pihak Alfa untuk memaksimalkan pembelajaran alfamart dan dan pembuatan jadwal untuk memaksimalkan kegiatan direct selling. Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran lebih meningkatkan lagi dalam melakukan pengembangan pemasaran agar masyarakat semakin tertarik dalam menyekolahkan anaknya ke Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Kebumen, selalu melakukan inovasi program pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan DUDI, harus selalu menjaga komunikasi dan kerjasama dengan berbagai pihak baik pihak intern maupun ekstern,sehingga program Kompetensi Keahlian Bisnis dapat dikomunikasikan secara baik antar pihak Kata kunci: Upaya, pengembangan, pemasaran, jasa, pendidikan
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 21 Apr 2020 01:42 |
Last Modified: | 21 Apr 2020 01:42 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1159 |
Actions (login required)
View Item |