PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK PGRI TEMANGGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Hariyanto, Hariyanto and Putro, Khamim Zarkasih and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2020) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN HARIAN MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DI TK PGRI TEMANGGUNG SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
182104080 HARIYANTO 1-3.pdf

Download (290kB) | Preview
[img] Text
182104080 HARIYANTO 4-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan pembelajaran karena Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian berguna sebagai acuan dalam mengelola kegiatan pembelajaran. Bimbingan berkelanjutan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Di TK PGRI Temanggung bimbingan berkelanjutan dari Kepala Sekolah kepada guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian belum dilaksanakan secara optimal. Dampaknya kompetensi guru belum optimal dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian. Rata-rata persentasi kompetensi guru 45,3% (cukup baik). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan belum optimalnya kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dan untuk merumuskan upaya peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian di TK PGRI Temanggung. Pelaksanaan penelitian pada bulan Juli 2020 dan bulan Agustus 2020. Subyek penelitian ini adalah guru TK PGRI Temanggung berjumlah tiga orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan diskusi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru TK PGRI Temanggung meningkat dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dari sebelum dan sesudah pelaksanaan tindakan Siklus I dan Siklus II melalui bimbingan berkelanjutan. Peningkatan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian dapat dibuktikan dari persentasi hasil observasi pra siklus sampai Siklus II. Rata-rata kompetensi guru kondisi pra siklus 45,3% (cukup baik), Siklus I rata-rata kompetensi guru 68,87% (baik), dan Siklus II rata-rata kompetensi guru 84% (sangat baik). Jadi kompetensi guru telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu minimal 78%. Kata kunci : kompetensi guru, rencana pelaksanaan pembelajaran harian, bimbingan berkelanjutan

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:42
Last Modified: 05 Nov 2020 02:42
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1325

Actions (login required)

View Item View Item