UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTADIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG

Watim, Watim and Riauwanto, Selamat and Zulkifli, Zulkifli (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTADIDIK SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 PRINGSURAT KABUPATEN TEMANGGUNG. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Hasil belajar IPS pada kompetensi Interaksi Keruangan dalam Kehidupan di Negara-Negara ASEAN pada peserta didik kelas VIIIA SMP Negeri 2 Pringsurat dari tahun 2017/2018 sampai dengan tahun 2019/2020 masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan pendekatan pembelajaran tradisional yaitu model ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga anak merasa bosan, jenuh dan kurang aktif dalam mengikuti pelajaran, yang mengakibatkan hasil belajar rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmiah dan model problem based learning, diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di tahun pelajaran 2020/2021. Prosedur penelitian menggunakan metode tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: 1) Perencanaan tindakan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) pengamatan tindakan (hasil belajar dan proses belajar), 4) Refleksi. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi, teknik tes tertulis, dan pengamatan, dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan sebesar 20,48%, meningkatkan aspek ketrampilan sebesar 9,38%, meningkatkan aktivitas peserta didik sebesar 2,4%. Dengan demikian dapat disimpulkan bawha penggunaan model problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, baik pada aspek pengetahuan, aspek ketrampilan dan aktivitas. Kata Kunci : Peningkatan Hasil Belajar, Model problem based learning

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:48
Last Modified: 06 Nov 2020 03:48
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1335

Actions (login required)

View Item View Item