PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TENTANG POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN KEMARITIMAN INDONESIA BAGI SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 1 TEMANGGUNG PADA SEMESTER 1 TAHUN 2016/2017

Wiharti, Indah and Subkhan, Muhammad (2017) PENERAPAN PEMBELAJARAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TENTANG POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN KEMARITIMAN INDONESIA BAGI SISWA KELAS VIIC SMP NEGERI 1 TEMANGGUNG PADA SEMESTER 1 TAHUN 2016/2017. In: PROSIDING Seminar Nasional dan Call For Paper “Catatan Akhir Tahun Republik Indonesia 2017”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 269-285. ISBN 978-602-51174-0-4

[img] Text
view

Download (72kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian tindakan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS. Subyek penelitian adalah Siswa Kelas VIIC SMP Negeri 1 Temanggung pada semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Jumlah siswa 32 orang terdiri dari 20 siswa perempuan dan 12 laki laki. Manfaat penelitian ini adalah sebagai acuan bagi guru untuk mengadakan penelitian yang lain dan menjadi motivasi bagi guru untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Metode penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua teknik yaitu teknik tes dan teknik non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam bentuk nilai hasil belajar. Sedangkan teknik non tes menggunakan angket untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar dan merekam aktifitas siswa dalam pembelajaran. Hasil analisis data proses pembelajaran dari kondisi awal, siklus , dan siklus 2 ada peningkatan ke arah lebih baik. Motivasi belajar pada kondisi awal hanya ada 2 siswa yang memiliki motivasi belajar sangat tinggi, siklus 1 meningkat menjadi 15 siswa, dan diakhir siklus 2 meningkat menjadi 28 siswa. Sedangkan hasil penilaian pengetahuan, rata-rata nilai ulangan harian meningkat dari 68 pada kondisi awal menjadi 77 pada siklus 1 dan 85 diakhir siklus 2, demikian juga untuk ketuntasan belajar pada kondisi awal jumlah siswa yang tidak tuntas belajar 22 siswa, pada siklus 1 menjadi 16 siswa, dan diakhir siklus 2 tinggal 4 siswa. Adapun data ketuntasan belajar klasikal pada kondisi awal baru mencapai 31,25%, siklus 1 meningkat menjadi 50%, dan di akhir siklus 2 telah mencapai 87,5%. Sedangkan hasil penilaian keterampilan, pada kondisi awal tidak ada siswa sangat terampil dalam mengomunikasikan hasil diskusi, pada siklus 1 meningkat menjadi 6 siswa, dan diakhir siklus 2 meningkat menjadi 12 siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan motivasi dan hasil belajar baik pengetahuan maupun keterampilan meningkat setelah guru menerapkan strategi pembelajaran e-learning. Kata kunci : Motivasi, Hasil Belajar IPS, Pembelajaran E-learning

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 13 Nov 2020 02:52
Last Modified: 13 Nov 2020 02:52
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1377

Actions (login required)

View Item View Item