MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG

Mubarok, Fakhrudin and Suud, Muhammad (2020) MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LEMBAGA KEUANGAN DAN PERDAGANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SISWA KELAS X IPS -1 DI SMA MUHAMMADIYAH GOMBONG. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 309-314. ISBN 978-602-51174-9-7

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji metode jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar materi lembaga keuangan dan perdagangan siswa kelas X IPS – 1 SMA Muhammadiyah Gombong. Adapun rumusan masalah pada PTK ini adalah Apakah Bagaimanakah dan sejauh manakah pembelajaran JIGSAW dapat meningkatkan aktivitas siswa pada materi lembaga keuangan dan perdagangan pelajaran IPS kelas X IPS-1 di SMA Muhammadiyah Gombong. Penelitian ini menggunakan alat analisis yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif komparatif dengan subjek siswa kelas X IPS – 1 sejumlah 29 siswa. Desain penelitian dengan menggunakan siklus I dan siklus II. Pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan tes tertulis. Hasil analisis data dengan membandingkan kegiatan pra skilus, siklus I dan siklus II diperoleh hasil Siklus I dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 6 siswa (20.6%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 19 siswa (65.6%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 4 siswa (13.8%) sedangkan nilai rata-rata 78.97. Siklus II dari 29 siswa, yang mendapatkan Nilai 90-100 = 13 siswa (44.8%) yang mendapatkan Nilai 70-89 = 16 siswa (55.2%) yang mendapatkan Nilai 50-69= 0 sedangkan nilai rata-rata 86.90 sehingga mengalami kenaikan nilai rata- rata 7.93. Siklus I Aktif belajar = 7 siswa (24.1%). Memahami materi ajar = 14 siswa (48.3%) Belajar mandiri = 18 siswa (27.6%). Siklus II Aktif belajar = 20 siswa (68.97%) Memahami materi ajar = 26 siswa (89.66 %) Belajar mandiri = 16 siswa (55.17%). Dengan hasil yang diperoleh pada siklus I maupun siklus II terbukti bahwa metode jigsaw dapat Memperbaiki pembelajaran, Metode Inovasi, Meningkatkan Aktifitas Siswa Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif Jigsaw, Hasil belajar

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:01
Last Modified: 18 Aug 2021 09:44
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1385

Actions (login required)

View Item View Item