PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JLADRI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN

Pujiatun, Pujiatun (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 JLADRI KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 315-322. ISBN 978-602-51174-9-7

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagai upaya peningkatan hasil belajar IPA kelas VI di Sekolah Dasar Negeri 1 Jladri Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan dalam kelas meliputi kegiatan Pelaksanaan Tindakan Kelas (PTK) berupa kegiatan refleksi awal dan melakukan observasi untuk mengidentifikasi permasalahan yang terjadi di kelas, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun hasil penelitian PTK ini adalah: 1) Pada Siklus I penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik memperoleh hasil belajar dari 19 siswa diperoleh 14 siswa yang tuntas atau 73,7% dan 5 siswa yang tidak tuntas atau 26,3%, dengan perolehan rata-rata hasil belajar 70. 2) Pada Siklus II penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik memperoleh hasil belajar dari 19 siswa diperoleh 18 siswa yang tuntas atau 94,7% dan 1 siswa yang tidak tuntas atau 5,3%, dengan perolehan rata-rata hasil belajar 87,9. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SD Negeri 1 Jladri, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Kata kunci: Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Saintifik

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:06
Last Modified: 17 Nov 2020 02:06
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1386

Actions (login required)

View Item View Item