Putranto, Muhamad Dwi (2020) PENINGKATAN MINAT BACA SISWA DI MTs NEGERI 2 KULON PROGO. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 337-354. ISBN 978-602-51174-9-7
Text
view_usp=sharing Download (72kB) |
Abstract
Rendahnya minat baca siswa di sekolah yang melatarbelakangi penelitian ini. Minat baca menjadi kunci dalam meningkatkan kegiatan membaca Kegiatan membaca yang diikuti dengan minat baca akan menjadi suatu kebiasaan yang bernilai sebab telah menjadi kemaun atau keinginan pembaca dan sebagai suatu kebutuhan. Mengembangkan minat baca siswa bukan pekerjaan yang mudah, karena ada hambatan yang dihadapi, baik internal seperti keinginan dan motivasi membaca siswa sendiri maupun eksternal seperti lingkungan keluarga, kemajuan media sosial dan lingkungan sekolah. Masih rendahnya minat baca siswa juga terjadi terjadi MTs Negeri 2 Kulon Progo, sehingga memerlukan berbagai upaya yang nyata untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menggiatkan pembinaan minat baca agar minat baca siswa dapat meningkat. Tujuan penelitian untuk: (1) mengidentifikasi faktor - faktor yang menghambat minat baca siswa di MTs Negeri 2 Kulon Progo, (2) Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca siswa, dan (3) mendeskripsikan upaya-upaya MTs Negeri 2 Kulon Progo untuk meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara, angket/kuesioner dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari: kepala sekolah, waka kurikulum, waka sarana prasaranan, kepala perpustakaan, pustakawan, guru, tenaga pendidikan dan siswa. Teknik analisis data bersifat dekriptif kualitatif dengan beberapa tahap dari data yang diperoleh hasil teknik pengumpulan data: wawancara, kuesioner dan dokumentasi di analisis menjadi sebuah informasi untuk menarik kesimpulan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) faktor-faktor yang menghambat minat baca siswa bersifat internal dan eksternal. Faktor internal antara lain kemauan dan motivasi siswa untuk membaca pada tingkat sedang. Sedangkan faktor eksternal antara lain lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan kemajuan media sosial. Kurangnya dorongan dan motivasi orang tua untuk membudayakan membaca sangat berpengaruh terhadap minat baca siswa. Fasilitas perpustakaan yang kurang memadai, motivasi guru yang rendah, belum adanya pembiasaan membaca dan penyedian waktu yang cukup untuk membaca juga turut mepengaruhinya. Kemudian kemajuan media sosial dan teknologi yang semakin canggih, terdapat berbagai media elektronik yang disuguhkan sebagai hiburan untuk anak-anak seperti gadget, hp, game online dan sebagaianya mengakibatkan siswa kurang menyukai buku. (2) upaya-upaya peningkatan minat baca siswa yang dilaksanakan MTs Negeri 2 Kulon Progo antara lain; pembiasaan 15 menit membaca, pengelolaan sudut baca, wajib kunjung perpustakaan, pemberian motivasi membaca, buku menjadi pusat informasi, membentuk klub pecinta membaca, membuat karya tulis dan pengahargaan membaca (reward). Kata kunci: peningkatan, minat baca
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 02:10 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 02:10 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1388 |
Actions (login required)
View Item |