PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PAKURAN KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN

Sukasno, Sukasno (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI METODE DISCOVERY-INQUIRY PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI PAKURAN KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 361-366. ISBN 978-602-51174-9-7

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan pembelajaran dengan metode discovery-inquirysebagai upaya peningkatan hasil belajar IPA kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Pakuran Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen..Jenis Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 4 tahapan yaitu : (1) Perencanaan (Planning), (2) Pelaksanaan (acting), (3) Pengamatan (Observing), (4) Refleksi (Reflecting).Hasil analisis data penelitian ini dikemukakan bahwa pada tahapan Pra siklus terdapat 32 % siswa yang belum tuntas dan 68 % siswa yang sudah tuntas. Pada Siklus I diperoleh data bahwa 52 % siswa yang belum tuntas dan 48 % siswa yang tuntas. Pada siklus II diperoleh data bahwa 8 % siswa yang belum tuntas dan 92 % siswa yang sudah tuntas. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran discovery-Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pakuran Kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Kata Kunci : Hasil Belajar, IPA, Metode Discovery-Inquiry

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:14
Last Modified: 17 Nov 2020 02:14
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1390

Actions (login required)

View Item View Item