Nurnaningsih, Sri (2020) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH KUTOWINANGUN. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 373-382. ISBN 978-602-51174-9-7
Text
view_usp=sharing Download (72kB) |
Abstract
Bahasa memiliki peran utama dalam perkembangan aspek kognitif, psikomotorik, afektif dan sosial dari peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua mata pelajaran (Zamzami. 2007). Selain itu, pembelajaran bahasa diharapkan dapat memfasilitasi peserta didik, dan merupakan penunjang keberhasilan dalam memperbaiki semua mata pelajaran. Pada awal pembelajaran telah dilakukan ulangan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kutowinangun diperolehan nilai ulangan harian dari 32 anak menunjukkan rata-rata 67.03, yang tuntas sebanyak 6 siswa (18.75%), belum tuntas sebanyak 26 siswa (81.25%). Hasil masih jauh dari KKM 75 (Data diolah 2019). Melihat dari rendahnya hasil belajar maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Motivasi dan Keterampilan Berbicara pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kutowinangun Tahun Pelajaran 2019/2020 belum sesuai yang diharapkan. Secara umum tujuan khusus dalam penelitian ini dilakukan adalah untuk: 1). Mengidentifikasikan yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar. 2). Menganalisis menyebabkan rendahnya motivasi belajar. 3). Mengevaluasi penyebab rendahnya motivasi belajar.4) Sebagai alternatif bagi guru untuk lebih kreatif dan bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran di kelas dengan harapan siswa lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Obyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Kutowinangun sebanyak 32 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan yaitu bulan Juli 2019 untuk pelaksanaan Siklus I, dan bulan September 2019 untuk pelaksanaan Siklus II. Adapun pada bulan Agustus 2019 digunakan peneliti untuk menyusun laporan dan rencana seminar. Metode pengumpulan data: quesione Dari perolehan nilai Pra Siklus dan Siklus I diatas, siswa yang memperoleh nilai 45,50, dan 55 sudah tidak ada sehingga turun 3 anak (9%), siswa yang memperoleh nilai 60 turun 3%, siswa yang memperoleh nilai 65 turun 12%, siswa yang memperoleh nilai 70 naik 7%, siswa yang memperoleh nilai 75 naik 3%, siswa yang memperoleh nilai 80 naik 10%, dan pada siklus I ada siswa yang memperoleh nilai 85 dan 90 sebanyak 2 anak (6%) dengan rerata pra siklus 76 dan rerata siklus I 72 atau naik 5%. Walaupun sudah ada kenaikan tetapi belum sesuai dengan KKM dan target indikator penelitian, maka dilanjutkan ke Siklus II. Kemudian setelah dilakukan tindakan Siklus II dengan penerapan diskusi kelompok yang diarahkan lebih fokus mengalami kenaikan, siswa yang belum tuntas sebanyak 5 anak (19%) dan siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (81%). Kata kunci: Metode diskusi
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 02:21 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 02:21 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1392 |
Actions (login required)
View Item |