MENUMBUHKAN LITERASI BACA TULIS MELALUI PEMBIASAAN MENULIS JURNAL HARIAN ANAK KELAS 4 SDN 1 KRETEK

Indragiri, Catur Ampri (2020) MENUMBUHKAN LITERASI BACA TULIS MELALUI PEMBIASAAN MENULIS JURNAL HARIAN ANAK KELAS 4 SDN 1 KRETEK. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 383-390. ISBN 978-602-51174-9-7

[img] Text
view_usp=sharing

Download (72kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Berdasarkan penelitian Perpustakaan Nasional pada tahun 2017 rata – rata orang Indonesia hanya membaca buku 3-4 kali per minggu dengan durasi waktu membaca per hari rata-rata 30 – 59 menit. Secara umum masyarakat kita sangat rendah dalam minat membacanya. Salah satu terobosan yang dilakukan permerintah untuk mendongkrak minat baca adalah dengan menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Permendikbud ) Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti diwujudkan dengan wajib membaca 15 menit sebelum waktu pembelajaran dimulai, khususnya bagi siswa SD,SMP dan SMA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru meningkatkan minat baca pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Kretek, Rowokele, Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Kretek, Rowokele, Kebumen. Penelitian ini membahas tentang upaya menumbuhkan literasi baca dan tulis melalui (1) Menyediakan waktu membaca setiap hari sebelum mulai pembelajaran, (2) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menulis jurnal harian tentang (3) Memotivasi siswa untuk menulis sebuah cerpen atau puisi (4) Memberikan reward kepada setiap siswa yang mengumpulkan hasil karya cerpen atau puisinya (5) Membukukan hasil karya siswa (6) Mendorong siswa untuk meningkatkan minat baca dengan cara meminjam buku cerita diperpustakaan .Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru menumbuhkan minat baca dan tulis masih rendah, perlu kesadaran bersama antara guru dan siswa untuk terus konsisten dalam melaksanakan kegiatan yang berhubungan dengan Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Kata kunci: Literasi Sekolah, Jurnal harian, baca tulis

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:23
Last Modified: 17 Nov 2020 02:23
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1393

Actions (login required)

View Item View Item