MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPKAN METODE PEMBERIAN BALIKAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 BANYUMUDAL KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN

Kasmin, Kasmin (2020) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPKAN METODE PEMBERIAN BALIKAN PADA SISWA KELAS V SDN 1 BANYUMUDAL KECAMATAN BUAYAN KABUPATEN KEBUMEN. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 425-432. ISBN 978-602-51174-9-7

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan Untuk menerapkan model pembelajaran dengan pemberian balikan pada siswa kelas V SDN 1 Banyumudal kecamatan Buayan Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 1 Banyumudal, kecamatanBuayan, Kabupaten Kebumen kelas v dengan jumlah siswa 31 orang,14 laki-laki 17 perempuan. Dilaksanakan pada bulan Februari sampai bulan April 2019. Pengumpulan data menggunakan evaluasi dalam perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan melalui dua siklus.Hasil belajar pra siklus rata-rata kelas mencapai 59,91. Hasil belajar pada siklus pertama rata-rata kelas mencapai 62,65, sedangkan pada siklus ke-II nilai rata-rata 79,15. Teknis analisis data dengan menggunakan ketuntasan hasil belajar yang ditetapkan yaitu pada ketuntasan belajar 65,00. Ketuntansan belajar pada pra siklus adalah 45,16%. Pada siklus pertama adalah 67,74, sedangkan ketuntasan belajar pada siklus ke dua adalah 79,15. Berdasarkan analis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemberian balikan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Banyumudal, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen. Kata Kunci: Prestasi belajar,Metode Pemberian Balikan.

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:32
Last Modified: 17 Nov 2020 02:32
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1397

Actions (login required)

View Item View Item