MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 1 TEMON KULON PROGO YOGYAKARTA

Sukaryana, Sukaryana (2020) MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI SMP NEGERI 1 TEMON KULON PROGO YOGYAKARTA. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2020 : “Paradigma Pengembangan Ekonomi Kreatif di Era 4.0”. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 433-442. ISBN 978-602-51174-9-7

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa SMP Negeri 1 Temon Kulon Progo yang masih rendah. Dari masalah rendahnya minat baca tersebut dicari penyebab dan upaya untuk meningkatkannya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian diskripsi. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor–faktor yang menyebabkan minat baca rendah, memberi alasan mengapa minat baca rendah dan kemudian ada upaya untuk meningkatkan minat baca yang dilakukan di SMP Negeri 1 Temon. Subyek penelitian ini adalah siswa, guru dan tenaga kependidikan yang melakukan aktifitas di sekolah. Populasi dengan jumlah siswa 391, guru dan tenaga kependidikan 35 orang. Penentuan subyek dilakukan dengan sampel secara acak yang terdiri dari 60 siswa dan 12 guru/ tenaga kependidikan sebagai responden. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengamati kondisi minat baca dan faktor pendukungnya, angket untuk mengetahui seberapa minat baca siswa sedangkan wawancara untuk mengetahui pendapat tentang minat baca yang rendah dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan minat baca. Data dianalisis secara diskriptif kualitatif dengan cara mereduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca yang rendah itu disebabkan oleh faktor internal seperti bakat/pembawaan, jenis kelamin dan kebiasaan dan eksternal seperti lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan sosial. Bukti yang menunjukkan minat baca rendah diamati dari data kunjungan perpustakaan, pendapat siswa, guru dan tenaga pustakawan. Upaya untuk meningkatkan minat baca dengan pembiasaan, kerja sama dengan guru, perpustakaan, orang tua, menambah sarana prasarana perpustakaan dan membentuk TIM Literasi disertai dengan programnya. Hasil penelitian dapat membantu sekolah dalam menghadapi masalah minat baca yang rendah dan mengupayakan agar minat baca menjadi meningkat. Kata kunci: minat, baca, upaya meningkatkan.

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 17 Nov 2020 02:33
Last Modified: 17 Nov 2020 02:33
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1398

Actions (login required)

View Item View Item