PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN PAIR WORK TECHNIQUE MELALUI VIDEO BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS XII ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 2 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Ristanto, Agus and Putro, Khamim Zarkasih and Hamid, Mudasetia (2020) PENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DENGAN PAIR WORK TECHNIQUE MELALUI VIDEO BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS XII ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 2 SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peningkatan kemampuan keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bambanglipuro Bantul 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan peningkatan pada unsur desain untuk memungkinkan diperolehnya gambaran keefektifan yang dilakukan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII Ilmu Pengetahuan Sosial 2 Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Bambanglipuro Bantul, yang berjumlah 33 siswa, terdiri dari laki-laki 12 siswa dan perempuan 21 siswa. Data dikumpulkan menggunakan instrumen tes, observasi dan dokumentasi, Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif yang diperkuat dengan data kuantitatif. Data yang diperoleh pada tahap pengamatan dianalisis untuk validasi data dan sebagai bahan mencari akar permasalahan terhadap temuan dalam kegiatan penelitian Hasil penelitian menunjukkan bahwa pair work technique dapat digunakan sebagai teknik pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Dengan pair work technique kegiatan pembelajaran dapat dilakukan secara komunikatif, terpadu, kontekstual, dan variatif. Keberanian siswa untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris dapat meningkat secara bertahap. Interaksi antar siswa semakin meningkat. Secara terinci hasil penelitian menunjukkan: pair work technique mampu meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan keterampilan berbicara siswa setiap siklusnya. Pada siklus I siswa yang tuntas secara klasikal 66, 67% , pada siklus II meningkat menjadi 75,76%, pembelajaran Bahasa Inggris dengan menerapkan pair work technique dapat meningkatkan kemampuan keterampilan berbicara siswa. Pada siklus I siswa rata rata nilai kelas 75, namun pada akhir siklus meningkat menjadi 77.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 26 Nov 2020 06:41
Last Modified: 01 Dec 2020 06:47
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item