PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 1 DI SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Wardayadi, Wardayadi and Putro, Khamim Zarkasih and Hamid, Mudasetia (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI KEGIATAN EKONOMI PADA SISWA KELAS X ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 1 DI SMA NEGERI 1 BAMBANGLIPURO BANTUL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Bambanglipuro Bantul tahun pelajaran 2020/2021. Selain itu juga untuk menegetahui proses pelaksanaan pembelajaran yang menerapkan model mind mapping dalam meningkatkan prestasi belajar materi kegiatan ekonomi pada siswa kelas X IPS 1 di SMA Negeri 1 Bambanglipuro Bantul tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan teknik Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan model Kemmis McTaggart dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Prinsip utama model ini adalah pemberian tindakan dalam siklus yang bertahap dan berkelanjutan yang didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan yaitu, a) perencanaan; b) tindakan; c) pengamatan; dan d) refleksi. Alat pengumpul data yang dipakai aadalah observasi kelas, tes prestasi belajar, dan studi dokumentasi. Observasi dilaksanakan langsung pada proses tindakan. Hasil penelitian ini menujukan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi terlihat pada siklus I ada 14 siswa (51,58%) yang nilainya ≥70 atau nilainya sudah KKM dan pada siklus II ada 24 siswa (88,89%) yang nilainya ≥70 atau nilainya sudah KKM maka peningkatan ketuntasan belajar sebesar 37,04% dan peningkatan rata-rata prestasi belajar siklus I ke siklus II sebesar 14,81 yaitu dari nilai rata-rata 62,04 pada siklus I menjadi nilai rata-rata 76,85 pada siklus II. Hasil Afektif siswa juga meningkat yaitu pada siklus I hanya kategori cukup dan pada siklus II menjadi sangat baik. Kata kunci : prestasi belajar ekonomi, afektif siswa, mind mapping

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 07 Dec 2020 07:06
Last Modified: 07 Dec 2020 07:06
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1452

Actions (login required)

View Item View Item