UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN DI PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TIDAR TAHUN 2018

Nugroho, Widayanto Eko and Assery, Syeh (2017) UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN AKADEMIK DAN KEMAHASISWAAN DI PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NEGARA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS TIDAR TAHUN 2018. In: PROSIDING Seminar Nasional dan Call For Paper “Catatan Akhir Tahun Republik Indonesia 2017” Official URL: http://stieww.ac.id. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 400-412. ISBN 978-602-51174-0-4

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar terus meningkatkan kualitas pelayanannya, hal ini dikarenakan Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar sebenarnya masih dirasa banyak kekurangan dalam hal pelayanan akademik kemahasiswaan kepada mahasiswa, dikarenakan kualitas pelayanan yang dituntut mahasiswa berdasarkan lima dimensi yaitu; (1) keandalan pelayanan (reliability); (2) bukti langsung; (3) Daya tanggap (responsiveness); (4) Jaminan (assurance); dan (5) Empati (empathy). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan skala likert dan analisis SWOT untuk mengetahui ada upaya peningkatan kualitas pegawai dalam memberikan pelayanan akademik dan kemahasiswa di Universitas Tidar. Hasil dari penelitian tersebut tanggapan persepsi mahasiswa mengenai kualitas pegawai dalam memberikan pelayanan akademik dan kemahasiswa rata-rata mengatakan puas dengan nilai rata-rata 3,90 dan hasil wawancara mengenai kualitas pelayanan kepada 4 orang yaitu 1 orang Kepala Program Studi Ilmu Administrasi Negara, dan 3 orang petugas pelayanan, menyatakan makin Universitas Tidar sebaiknya mampu memberi pelayanan yang lebih baik serta makin tertatanya sistem administrasi yang lebih baik. Untuk harapan mahasiswa mengatakan sangat penting dengan nilai rata-rata 4,58 dan 80 orang responden memberikan beberapa saran yaitu peningkatan pelayanan yang lebih baik, ramah untuk semua kalangan. tidak pilih kasih, petugas harus ramah dalam melayani mahasiswa. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pegawai dalam memberikan pelayanan adalah ketepatan waktu pelayanan akademik dan kemahasiswaan, tindakan cepat pada saat mahasiswa yang membutuhkan, fasilitas yang mendukung dan pelayanan yang sopan. Kata Kunci: Kualitas dan Pelayanan

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 16 Dec 2020 03:41
Last Modified: 19 Aug 2021 03:49
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item View Item