ANALISIS STRATEGI MEDIA RELATION DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF BEA DAN CUKAI DI YOGYAKARTA

Risdiyanto, Risdiyanto and Damayanti, Dila (2021) ANALISIS STRATEGI MEDIA RELATION DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF BEA DAN CUKAI DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (74kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Penting dilakukan terkait dengan strategi bagian Media Relations dalam mengkomunikasikan pelayanan publik yang ada di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Yogyakarta. Bagian Media Relations atau yang biasa disebut dengan humas atau Unit Penyuluhan dan Layanan Informasi di kantor pemerintahan mempunyai tugas untuk mengkomunikasikan informasi kepada masyarakat mengenai layanan atau tugas dan fungsi instansi. Tujuan: Untuk menganalisis strategi media relation dalam meningkatkan keunggulan kompetitif Bea dan Cukai di Yogyakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis dilakukan dengan cara mendeskripsikan strategi media relation dalam meningkatkan keunggulan kompetitif Bea dan Cukai di Yogyakarta dengan menerapkan analisis SWOT. Hasil Penelitian: Strategi media relation dalam meningkatkan keunggulan kompetitif Bea dan Cukai di Yogyakarta salah satunya adalah memberikan pemahaman masyarakat melalui media sosial yang familiar digunakan oleh masyarakat, meningkatkan komunikasi yang efektif dan Menyajikan informasi secara inovatif dan informative. Analisis SWOT menunjukkan bahwa strategi dalam meningkatkan competitive advantage dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal maka didapatkan strategi SO 1) Memilih media yang menjangkau masyarakat luas/ mudah diakses untuk masyarakat, 2) Optimalisasi media social (FB, IG, Youtube). (Strategi ST 1) Sosialisasi yang konsisten dan berkelanjutan, 2) Intensive Coordination pada unit teknis dengan resiko reputasi paling dominan. Strategi WO 1) Peningkatan koordinasi/ komunikasi, 2) Workshop kehumasan bagi pegawai. Strategi WT 1) Meningkatkan kecepatan & ketepatan layanan 2) Melakukan posting berita dan informasi secara kontinyu melalui media sosial. Kata Kunci: Strategi, Media Relation, Keunggulan Kompetitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 07 Jul 2021 07:16
Last Modified: 20 Mar 2023 07:30
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item View Item