ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI KEBERLANJUTAN USAHA DAPUR WARNA DI ERA NEW NORMAL

Sulistyowati, Ratih Safitri and Hadipranata, Qurrata Ayunina Ciptantri (2021) ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI KEBERLANJUTAN USAHA DAPUR WARNA DI ERA NEW NORMAL. Skripsi thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (74kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Kondisi pandemi Covid-19 ini telah berdampak buruk terhadap bisnis dan ekonomi, bahkan ketidakpastian bisnis dan ekonomi menjadi momok yang sangat menakutkan bagi para pelaku UKM dan hampir seluruh sektor usaha menerima imbas negatif dari ketidakpastian bisnis, termasuk ada sebagian usaha yang mulai berhenti beroperasi yang akhirnya menekan pertumbuhan ekonomi. Tujuan: Untuk menganalisis SWOT dalam menentukan strategi keberlanjutan usaha Dapur Warna di Era New Normal. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis dilakukan dengan cara mendeskripsikan strategi keberlanjutan usaha Dapur Warna di Era New Normal dengan menerapkan analisis SWOT. Hasil Penelitian: Strategi yang harus diambil dalam kondisi new normal saat ini melakukan promosi di media sosial, membuat event dan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memanfaatkan kenyamanan dan keamanan lokasi yang ada di Dapur Warna serta menyediakan makanan yang bervariasi dan halal yang dapat menjangkau semua kalangan. Alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh Dapur Warna setelah mengetahui posisi keberlanjutan usaha yang dimilikinya yaitu dengan melakukan promosi di Media Sosial terkait inovasi menu dari Dapur Warna dan mengadakan event atau menawarkan paket wedding namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Rumah Makan Dapur Warna sudah dikenal oleh masyarakat namun kondisi pandemi membuat Dapur Warna tutup sementara, strategi yang dapat dilakukan pada masa new normal ini adalah dengan meningkatkan promosi. Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi, Keberlanjutan Usaha

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B. Manajemen > Manajemen Pemasaran > Strategi Pemasaran
Divisions: S1 Manajemen
Depositing User: Library STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 07 Jul 2021 07:22
Last Modified: 16 Aug 2022 03:07
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1600

Actions (login required)

View Item View Item