ANALISIS KINERJA PEGAWAI DIUPTD PUSKESMAS KEBUMEN II KABUPATEN KEBUMEN

Mu’miyati, Mu’miyati and Chasanah, Uswatun and Mathori, Muhammad (2021) ANALISIS KINERJA PEGAWAI DIUPTD PUSKESMAS KEBUMEN II KABUPATEN KEBUMEN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (75kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Sumber daya manusia adalah salah satu faktor yang paling utama pada suatu perusahaan dilihat dari faktor-faktor lainnya selain modal usaha. Oleh karenanya, SDM sangat diperlukan untuk dikelola dengan baik agar efektivitas dan efisiensi perusahaan semakin meningkat (Hariadja 2002: 2). Keberhasilan suatu puskesmas ditentukan dari kualitas orang-orang yang berada di dalamnya. Sumber daya manusia yang dimaksud disini adalah orang-orang yang terlibat pelaksanaan organisasi yaitu pimpinan dan pegawainya. Sumber daya yang paling penting bagi instansi adalah orang bekerja dengan bakat, kreativitas dan penuh semangat untuk organisasi. Fungsi Puskesmas yaitu: 1). penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat tingkatpertama di wilayah kerjanya, 2). penyelenggaraan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama di wilayah kerjanya, 3). puskesmas sebagai upaya kesehatan perorangan, 4). upaya promotif, 5). upaya penapisan. Jenis penelitian menggunakan metode kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif untuk menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data sedalam-dalamnya pula (Arikunto, 2015: 67). Metode deskriptif adalah metode dalam meneliti suatu kelompok manusia, obyek, kondisi suatu sistem pemikiran ataupun suatu kelas peristiwa sekarang. Tujuan penelitian deskriptif ini untuk membuat deskriptif atau gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, serta sifat-sifat dan hubungan antara fenomena yang diselidiki (Arikunto, 2015: 105). Adapun aspek-aspek hasil yang disampaikan pada saat dilaksanakannya FGD ada beberapa hal, dengan uraian sebagai berikut:1). Kemampuan SDM: a) Pengalaman, b) Pendidikan, c) Kerja sama, d. Keterampilan. 2). Motivasi SDM: a) Penghargaan: penghargaan atas hasil pekerjaan yang diberikan oleh Kepala Puskesmas Kebumen II bukan berupa materi, hadiah, ataupun piala, tapi yang lebih berarti dan bermanfaat seperti motivasi yang bisa lebih membangun semangat kerja pegawai. b) Pengarahan : Kepala Puskesmas memberikan instruksi kepada pegawainya untuk mengerjakan tugas, kemudian ada salah satu pegawainya tidak mengerjakan dan tidak menyelesaikan instruksi yang telah diberikan, maka Kepala Puskesmas akan menegur pegawai itu dengan halus sambil bercanda, namun tentunya teguran lisan tersebut bersifat dorongan supaya pegawai mengerjakan tugasnya dengan cepat, c) Rangsangan materiil : semua mengatakan bahwa mereka selalu diberi insentif dalam melaksanakan pekerjaan/tugas dan upah yang diterima selama ini sudah adil/layak, d) Kesempatan / peluang : Pendistribusian pekerjaan: pendistribusian pekerjaan dan pembagiannya dirasa kurang merata. Hal ini dapat dilihat dari tugas tambahan yang diberikan kepada tiap-tiap orang tidak sama, ada yang mendapat banyak tugas tambahan, ada yang sama sekali tidak mendapat tugas tambahan. Walaupun demikian, mereka tetap berusaha melaksanakan tugas/pekerjaan itu dengan sigap dan teliti, e) Wewenang : selalu diberitahu batasan-batasan tugas yang akan dan sudah dikerjakan agar tidak terjadi tumpang tindih tugas antara pegawai yang satu dengan lainnya. Kata Kunci: Kinerja Puskesmas

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Rumah Sakit
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 29 Jul 2021 07:38
Last Modified: 07 Dec 2022 06:49
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item