Pengaruh Pusat Kegiatan Gugus Dan Sertifikasi Terhadap Peningkatan Literasi Digital Guru Taman Kanak-Kanak Di Masa Pandemi Covid-19

Lestari, Dwi Pengaruh Pusat Kegiatan Gugus Dan Sertifikasi Terhadap Peningkatan Literasi Digital Guru Taman Kanak-Kanak Di Masa Pandemi Covid-19. In: SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER 2021: Strategi Pemulihan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 73-89. ISBN 978-623-99100-0-6

[img]
Preview
Text
5 (73-89) Dwi Lestari - Pengaruh Pusat Kegiatan Gugus Dan Sertifikasi Terhadap Peningkatan Literasi Digital Guru Taman Kanak-Kanak Di Masa Pandemi Covid-19.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman%20Depan.pdf

Download (190kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal, Guru Taman Kanak-Kanak khususnya Di Kecamatan Pringkuku kemampuan literasinya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pusat kegiatan gugus dan sertifikasi terhadap peningkatan literasi digital guru Taman Kanak- Kanak di Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linier berganda Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuisioner dan diedarkan kepada 40 sampel.Pengambilan sampel dengan menggunakan Probbility sampling dengan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini sejumlah 40 orang guru Taman Kanak-Kanak di Kecamatan Pringkuku yang sudah bersertifikasi menjadi sampelnya. Berdasarkan.Hasil penelitian diperoleh nilai R sebesar 0,629 yang menunjukkan bahwa hubungan antara pusat kegiatan gugus ( variabel X1 ) dan sertifikasi guru ( variabel X2 ) sangat kuat terhadap peningkatan literasi digital (variabel Y) hal ini dapat dilihat pada hasil uji nilai F = 12,489 dengan nilai t tabel adalah 3,245 sehingga nilai F hitung > F tabel atau 12,489 > 3,245 dan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. maka hipotesis alternative ( H3 ) diterima dan hipotesis nol ( H0 ) ditolak. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa pusat kegiatan gugus dan sertifikasi dapat meningkatkan literasi digital guru Taman Kanak-Kanak secara signifikan di Kecamatan Pringkuku Kabupten Pacitan di masa Pandemi Covid-19. Kata Kunci : Pusat Kegiatan Gugus, sertifikasi guru, literasi digital

Item Type: Book Section
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Arif Suwarjono
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:10
Last Modified: 10 Jan 2022 03:28
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item