UPAYA PENINGKATAN KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA WATES SAAT PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020

Yudha, Sandi and Chasanah, Uswatun and Wahyuningtyas, Yunita Fitri (2022) UPAYA PENINGKATAN KINERJA ACCOUNT REPRESENTATIVE PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA WATES SAAT PANDEMI COVID-19 TAHUN 2020. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Target penerimaan pajak KPP Pratama Wates saat pandemi Covid-19 tahun 2020 sebesar Rp 305.315.575.000,- dan tercapai sebesar Rp 266.891.650.949,- atau sebesar 87,42% dari target. Pandemi Covid-19 mempengaruhi kinerja penerimaan pajak tahun 2020. Secara total, penerimaan pajak tahun 2020 tidak bisa mencapai target. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan realisasi penerimaan sektor pajak hanya mencapai Rp1.070,0 triliun, atau 89,3% dari target APBN 2020 yang sudah mengalamai perubahan melalui Perpres 72/2020 sebesar Rp1.198,8 triliun. Realisasi pajak mengalami penurunan 19,7% dibanding tahun lalu, hal ini mengindikasikan kinerja Account Representative (AR) dianggap kurang baik dengan model kerja di rumah atau Work From Home saat pandemi Covid-19 tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kinerja Account Representative (AR) pada KPP Pratama Wates sesuai tugas AR yang tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 79/PMK.01/2015, dalam upaya mencapai target penerimaan pajak tahun 2020 pada KPP Pratama Wates. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif komparatif melalui wawancara. Narasumber dalam penelitian ini yaitu Kepala Seksi Pengawasan dan Konsultasi, Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan serta Account Representative senior pada KPP Pratama Wates. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Account Representative sudah melakukan pengawasan kepatuhan perpajakan Wajib Pajak sesuai SOPnya secara baik, Account Representative sudah melakukan bimbingan/himbauan dan konsultasi teknis perpajakan kepada Wajib Pajak secara cukup baik, Account Representative sudah melakukan penyusunan profil Wajib Pajak secara benar, Account Representative sudah melakukan analisis data Wajib Pajak/merekonsiliasi data Wajib Pajak dalam rangka intensifikasi secara baik. Kinerja Account Representative (AR) pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Wates dikatakan sudah baik. Kata Kunci: Kinerja Account Representative (AR)

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 19 Jan 2022 04:20
Last Modified: 12 Nov 2022 08:20
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1799

Actions (login required)

View Item View Item