PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KINERJA PELAYANAN KANTOR PELAYANAN PAJAK DENGAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA YOGYAKARTA)

Affandi, Syaifullah Chairman Olways and Chasanah, Uswatun and Wahyuningtyas, Yunita Fitri (2022) PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN DAN KUALITAS PELAYANAN PAJAK TERHADAP KINERJA PELAYANAN KANTOR PELAYANAN PAJAK DENGAN KEPATUHAN WAJIB PAJAK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA YOGYAKARTA). Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (65kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh sosialisasi perpajakan dan kualitas pelayanan perpajakan terhadap kinerja pelayanan Kantor Pelayanan Pajak Pratama dengan kepatuhan wajib pajak sebagai variabel intervening. Penelitian ini dilaksanakan di KPP Pratama Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Yogyakarta sebelum tahun 2021 yang tercatat sebanyak 152.834 wajib pajak. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan formula Slovin dan dilakukan secara Purposive Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari subjek penelitian dengan menggunakan kuesioner online terhadap 100 responden. Penelitian ini dilakukan menggunakan Structural Equation Model (SEM) melalui pendekatan Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS ver. 3.3.3 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi perpajakan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan kinerja pelayanan. Kualitas pelayanan perpajakan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pelayanan tetapi tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak. Kepatuhan wajib pajak selaku variabel intervening mampu memediasi pengaruh sosialisasi perpajakan terhadap kinerja pelayanan namun tidak mampu memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kinerja pelayanan. Kata Kunci: Sosialisasi perpajakan; kualitas pelayanan pajak; kepatuhan wajib pajak; kinerja pelayanan; SmartPLS.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 19 Jan 2022 08:04
Last Modified: 19 Jan 2022 08:04
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1805

Actions (login required)

View Item View Item