Hartono, Budi and Suprihanto, John and Mathori, Muhammad (2022) EVALUASI KINERJA PEGAWAI DI KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
Text
view_usp=sharing Download (64kB) |
|
Text
view_usp=sharing Restricted to Registered users only Download (64kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (a) menganalisis capaian sasaran kinerja pegawai, (b) mengidentifikasi berbagai faktor yang dapat mempengaruhi capaian sasaran kinerja pegawai, (c) mengevaluasi implementasi peraturan penilaian capaian sasaran kinerja pegawai, dan (d) mengformulasikan solusi untuk mencapai sasaran kinerja pegawai bidang Hukum dan bidang Hak Asasi Manusia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari pegawai bidang Hukum dan bidang HAM. Sumber data primer berupa hasil wawancara dari informan, sumber data sekunder berasal dari observasi dan dokumentasi. Instrumen menggunakan panduan wawancara dan lembar observasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil yang didapatkan adalah (a) faktor capaian sasaran kinerja pegawai terdiri dari kuantitas, kualitas, biaya, dan waktu. Keempat dimensi tersebut dikategorikan “Cukup” dengan persentase 58,67% dalam mencapai target kinerja. Faktor paling utama yaitu Pandemi Covid-19 yang menjadikan belum optimalnya pencapaian target kinerja dari pegawai bidang Hukum dan bidang Hak Asasi Manusia; (b) Penyebab dari faktor capaian sasaran kinerja pegawai untuk mewujudkan target kinerja yaitu perilaku kinerja yang terdiri dari orientasi pelayanan, integritas, komitmen, disiplin, kerja sama, dan kepemimpinan. Secara keseluruhan perilaku kinerja pegawai tahun 2020 termasuk kategori “Baik” dengan persentase 62,67%; (c) implementasi peraturan pencapaian sasaran kinerja pegawai, yakni Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2019 mengenai Penilaian Kinerja Pegawai Negeri Sipil sudah tepat dan efisien. Akan tetapi, perlu adanya pembaharuan agar lebih transparan, lebih mudah untuk dinilai, dan lebih fleksibel; (d) upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kinerja pegawai untuk mewujudkan target kinerja periode selanjutnya yaitu melalui komunikasi dan kerjasama. Kata kunci: evaluasi PNS, target kinerja, capaian sasaran kinerja pegawai
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 08:09 |
Last Modified: | 19 Jan 2022 08:09 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1806 |
Actions (login required)
View Item |