KINERJA PEMBELAJARAN DI ERA COVID-19 PADA SD TALKONDO KAPANEWON SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL

Haroyah, Haroyah and Suprihanto, John and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2022) KINERJA PEMBELAJARAN DI ERA COVID-19 PADA SD TALKONDO KAPANEWON SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (64kB)
[img] Text
view_usp=sharing
Restricted to Registered users only

Download (64kB)
Official URL: http://www.stieww.ac.id

Abstract

Kinerja pembelajaran adalah representasi dari semua sumber daya yang ada di sekolah dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan sekolah. Pandemi Covid-19 saat ini berdampak langsung pada kinerja pembelajaran yang ada di sekolah karena diwajibkan melaksanakan pembelajaran di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kinerja pembelajaran, menganalisis faktor-faktor yang menghambat kinerja pembelajaran, mengevaluasi kinerja pembelajaran, dan merumuskan upaya kinerja pembelajaran di era Covid-19 pada SD Talkondo Kapanewon Srandakan, Kabupaten Bantul. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Data-data penelitian didapatkan melalui wawancara dan pembuatan catatan dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan kinerja sekolah. Metode analisis menggunakan model interaktif. Faktor penyebab kinerja pembelajaran di era Covid-19 antara lain pembelajaran secara daring, kendala pengoperasian handphone, jaringan, kemampuan teknologi informasi guru dan siswa, serta ketersediaan handphone masing-masing siswa. Faktor penghambat kinerja pembelajaran meliputi kebutuhan perangkat teknologi, sinyal dan jaringan yang terganggu, serta kurang aktifnya pendampingan orang tua siswa. Evaluasi kinerja pembelajaran antara lain evaluasi pembelajaran secara luring, evaluasi kognitif, dan evaluasi hasil pembelajaran di rumah. Upaya peningkatan kinerja dapat dilakukan melalui pembelajaran daring dengan Layanan Konsultasi Pembelajaran (LKP), pengingkatan perangkat dan pengoperasiannya, penguatan sinyal dan jaringan yang ada, serta orang tua harus aktif dalam melakukan pendampingan. Kata kunci: Covid-19, Kinerja, Pembelajaran, SD Talkondo

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 20 Jan 2022 08:06
Last Modified: 20 Jan 2022 08:06
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1820

Actions (login required)

View Item View Item