Insiatiningsih, Insiatiningsih and Widyayanti, Evi Rosalina Pengaruh Strategi Pemasaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Usaha Kuliner di D.I. Yogyakarta (Studi pada UMKM Oleh-Oleh di D.I.Yogyakarta). In: SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER 2021: Strategi Pemulihan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 399-415. ISBN 978-623-99100-0-6
|
Text
23 (399-419) Insiatiningsih & Evi Rosalina Widyayanti - Pengaruh Strategi Pemasaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Pendapatan Usaha Kuliner di D.I. Yogyakarta.pdf Download (353kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan pertama adalah mengetahui variabel-variabel yang diduga mempengaruhi pendapatan dari strategi pemasaran online usaha kuliner UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kedua adalah mengetahui dampak Pandemi Covid-19 pada UMKM bidang kuliner di DIY. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dimana penelitian ini dilakukan di D.I. Yogyakarta dengan responden UMKM yang bergerak di bidang kuliner dan menjalankan usahanya melalui usaha dengan strategi pemasaran online. Responden yang diambil sebanyak 100 responden dengan penyebaran di seluruh kabupaten dan kota di D.I. Yogyakarta, yaitu Kota Yogyakarta yang diwakili oleh 20 UMKM di kabupaten Sleman, kabupaten Bantul yang diwakili oleh 20 UMKM, kabupaten Kulon Progo oleh 20 UMKM dan di kabupaten Wonosari Gunung Kidul oleh 20 UMKM Data penelitian diperoleh melalui pengumpulan hasil kuisioner yang disebarkan melalui digital dengan google form. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan data diolah dengan perangkat lunak SPSS. Kuisioner penelitian ini memberikan pertanyaan pada 5 variabel penelitian yaitu Kualitas Produk (Product) selanjutnya disebut X1, Penentuan Harga (Price) selanjutnya disebut X2, Kemampuan beriklan (Promotion) selanjutnya disebut X3, Kemudahan Distribusi (Place) selanjutnya disebut X4, dan Kualitas Layanan (Service)selanjutnya disebut X5, serta variabel Pendapatan Usaha sebagai variabel dependent yang selanjutnya disebut Y. Metode yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah metode purposive sampling yaitu pengambilan sampel dengan menentukan kriteria khusus pada responden. Analisis Uji Hipotesis dilakukan dengan menganalisis data ysng memberikan hasil bahwa semua data adalah valid dan reliabel. Selanjutnya pengujian dilakukan dengan menggunakan Regresi liner berganda dengan hasil analisis bahwa pada kondisi normal, Ysebesar 11,123. berpengaruh positif signifikan pada α =5% yaitu 0,009 < 0,05 (signifikansi 5%) . X1 berpengaruh positif tidak signifikan pada α =5% yaitu 0,797 > 0,05 terhadap Y, X2 berpengaruh negatif tidak signifikan pada . pada α =5% yaitu 0,663 > 0,05 terhadap Y, X3 berpengaruh positif signifikan pada α =5% yaitu 0,000 < 0,05 terhadap Y, X4 berpengaruh positif signifikan pada α =5% yaitu 0,007 < 0,05 (signifikansi 5%) terhadap Y dan X5 berpengaruh positif tidak signifikan pada α =5% yaitu 0,367 > 0,05 terhadap Y. Selain itu juga Uji t dengan hasil Tidak terdapat pengaruh variabel X1 terhadap Y, Tidak terdapat pengaruh variabel X2 terhadap Y , Terdapat pengaruh variabel X3 terhadap Y, Terdapat pengaruh variabel X4 terhadap Y dan Tidak terdapat pengaruh variabel X5 terhadap Y. Sedangkan Uji F penelitian ini memberikan bukti kuat bahwa Variabel X1, X2, X3, X4, dan X5 secara simultan (Bersama-sama ) berpengaruhterhadap Y . Kata Kunci: Product, Price Promotion, Place, Service, Pendapatan Usaha, Pandemi Covid-19, Online,Kuliner
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Library STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 31 Jan 2022 01:18 |
Last Modified: | 02 Feb 2022 03:19 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1854 |
Actions (login required)
View Item |