Susanto, Joko and Aryani, Indita Dewi and Asteria, Beta ANALISIS FAKTOR KESEDIAAN UNTUK MEMBAYAR HARGA PREMIUM PADA NESTLE PURE LIFE DI KOTA YOGYAKARTA. In: SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER 2021: Strategi Pemulihan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta, pp. 486-505. ISBN 978-623-99100-0-6
|
Text
27 (486-505) Joko Susanto & Indita Dewi Aryani - ANALISIS FAKTOR KESEDIAAN UNTUK MEMBAYAR HARGA PREMIUM PADA NESTLE PURE LIFE DI KOTA YOGYAKARTA.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Perilaku pembelian seseorang terhadap suatu produk di pengaruhi banyak faktor. Tiap individu mempunyai keinginan dan selera yang berbeda-beda .Keunikan produk, kualitas produk, dan harga produk merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap keputusan pembelian, selain itu masih banyak lagi faktor lain yang mempengaruhi perilaku pembelian tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keunikan produk, kualitas produk, dan kesadaran merek terhadap kesediaan untuk membayar harga premium pada Nestle Pure Life di kota Yogyakarta, serta menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian produk Nestle Pure Life pada masyarakat di wilayah Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kosumen Nestle Pure Life di wilayah Yogyakarta. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden dengan teknik pengumpulan data dengan kuesioner, sedangkan teknik analis data menggunakan analis regresi linier berganda, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji linieritas), uji statistik (uji T, uji F dan koefisiendeterminasi). Dari hasil analisis uji asumsi klasik, uji normalitas dengan kolmogorov smirnov diperoleh signifikan lebih besar dari 0,05 sehingga dapat di simpulkan bahwa data berdistribusi normal, uji multikolinieritas diperoleh dari nilai VIF (varians inflation factor dan tolerance yang diketahui bahwa nilai tolerance value >0,10 atau nilai VIF <10 maka tidak terjadi multikolinieritas, uji linieritas diperoleh signifikan >0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi linier, sedangkan uji heteroskedastisitas diketahui bahwa nilai probabilitas >5%, dengan demikian yang di ajukan dalam penelitian tidak terjadi heterokdastisitas. Hasil analisis regresi linier berganda dari uji t ditemukan bahwa secara parsial kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian produk Nestle Pure Life .Dari uji F menunjukkan semua variabel independen mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen. Nilai R square sebesar 0,580, hal tersebut berarti 58,9% kesediaan untuk membayar harga premium dipengaruhi oleh keunikan produk, kualitas produk, dan kesadaran merek, sisanya sebesar 42,0% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Arif Suwarjono |
Date Deposited: | 23 Feb 2022 04:57 |
Last Modified: | 23 Feb 2022 04:57 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1870 |
Actions (login required)
View Item |