Hadipranata, Qurrata Ayunina Ciptantri and Marzuki, Achmad and Munnawarrah, Syaiyidatul HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA XI MAN 3 YOGYAKARTA. In: SEMINAR NASIONAL DAN CALL FOR PAPER 2021: Strategi Pemulihan UMKM Pasca Pandemi Covid-19. STIE Widya Wiwaha, Yogyakarta. ISBN 978-623-99100-0-6
|
Text
28 (506-520) Qurrata A’yunina C.H., Achmad Marzuki, Syaiyidatul - HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA XI MAN 3 YOGYAKARTA.pdf Download (250kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar siswa-siswa MAN 3 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan metode skala, yaitu suatu metode pengambilan data di mana data-data yang diperlukan dalam penelitian diperoleh melalui pernyataan atau pertanyaan tertulis yang diajukan responden mengenai suatu hal yang disajikan dalam bentuk suatu daftar pertanyaan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan skala kecerdasan emosional dan metode dokumentasi. Subjek dari penelitian ini yaitu, peserta didik atau siswa-siswa kelas XI di MAN 3 Yogyakarta. Analisis data yang digunakan untuk melihat hubungan antara kecerdasan emosional dengan prestasi belajar adalah dengan menggunakan korelasi product moment dari Karl Pearson. Cara penghitungannya dibantu dengan menggunakan program SPSS 22.0 for window. Hasil analisis data serta pengujian hipotesis, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara adversity quotient dengan prestasi belajar siswa MAN 3 Yogyakarta. Tidak ada hubungan antara dua variabel tersebut, karena dari hasil yang diperoleh ternyata r hitung sebesar 0,041 pada Spearman Correlation yang menunjukkan lebih kecil dari r tabel pada α = 0,05 sebesar 0,1912, artinya bahwa adversity quotient yang tinggi tidak menjamin prestasi belajar yang tinggi.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | B. Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia |
Depositing User: | Arif Suwarjono |
Date Deposited: | 27 Feb 2022 04:19 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 03:06 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/1871 |
Actions (login required)
View Item |