EVALUASI BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IX “THINK GLOBALLY ACT LOCALLY” DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL UMMAH TAHUN 2016/2017

Fitriana, Nita and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2018) EVALUASI BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INGGRIS KELAS IX “THINK GLOBALLY ACT LOCALLY” DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL UMMAH TAHUN 2016/2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
141102588 NITA FITRIANA UNGGAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi buku teks Bahasa Inggris yang digunakan di kelas IX Madrasah Tsanawiyah Nurul Ummah Yogyakarta‘Think Globally Act Locally “dan mengetahui kesesuaian buku teks tersebut dengan kurikulum 2013. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Wawancara dilakukan dengan dua pengajar dan tiga siswa menggunakan interview guideline sebagai pedoman wawancara. Sedangkan objek observasi adalah kegiatan pembelajaran dengan menggunakan observation checklist. Interview guideline dan observation checklist disusun berdasarkan kriteria kualitas buku yang baik dan kriteria evaluasi buku teks Bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima belas kriteria evaluasi buku teks yang digunakan,buku teks Bahasa Inggris ‘Think Globally Act Locally’ hanya memenuhi dua kriteria yaitu tampilan yang menarik dan kesesuaian dengan silabus. Untuk kriteria yang terangkum dalam aspek vocabulary dan pronunciation tidak ditemukan dalam buku teks tersebut. Sedangkan kriteria yang terangkum dalam aspek skill bahasa, grammar, dan exercise belum sepenuhnya memenuhi kriteria. Berkenaan dengan kesesuaian dengan kurikulum, buku teks tersebut telah sesuai dengan kurikulum 2013 dengan indikator terimplementasinya lima pengalaman belajar pokok dengan pendekatan scientific, kesesuaian buku teks dengan silabus yang digunakan pada kurikulum yang diterapkan, kemutakhiran materi, serta kekontekstualan isi yang tercermin dalam materi dan contoh. Kata Kunci: Buku teks, Evaluasi buku teks Bahasa Inggris, Kurikulum 2013

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 25 Apr 2018 07:14
Last Modified: 31 Aug 2018 08:52
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/264

Actions (login required)

View Item View Item