STRATEGI BISNIS TOKO PERSATUAN

Kundala, Manendha Maganitri (2010) STRATEGI BISNIS TOKO PERSATUAN. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
manenda.pdf

Download (388kB) | Preview

Abstract

Perkembangan perekonomian Indonesia secara keseluruhan pasca krisis moneter menunjukkan peningkatan yang cukup berarti, hal ini ditunjukkan oleh mulai maraknya berbagai bisnis-bisnis perdagangan di masyarakat. Salah satu bisnis tersebut adalah bisnis perlengkapan sekolah. Perlengkapan sekolah merupakan atribut wajib yang dipakai oleh semua anak yang mengenyam pendidikan formal di Indonesia. Seiring perkembangan dunia bisnis, tak terkecuali bisnis perlengkapan sekolah, maka akan semakin banyak muncul pemain baru di bisnis ini. Makin banyaknya jumlah pemain bisnis berarti semakin meningkatkan intensitas persaingannya. Karena keadaan itulah Toko Persatuan harus mencari strategi bisnis yang tepat untuk bisa memenangkan persaingan. Toko Persatuan dituntut untuk bisa memaksimalkan kekuatan untuk memanfaatkankan peluang yang ada dan meminimalkan kelemahannya untuk mengatasi ancaman yang ada. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT-4K yang dimulai dengan membuat daftar indikator kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis yang dihadapi oleh Toko Persatuan. Semua indikator dihitung nilai tertimbangnya setelah sebelumnya diberkan bobot dan nilai untuk masing-masing indikator. Kombinasi nilai tertimbang variabel internal dan eksternal tersebut yang menjadi penentu pilihan strategi yang dianggap pas untuk Toko Persatuan. Intensitas persaingan yang tinggi sangatlah berpengaruh bagi Toko Persatuan. Namun Toko Persatuan dituntut untuk terus bertahan. Hasil penelitian SWOT-4K menunjukkan Toko Persatuan selayaknya menggunakan strategi pertumbuhan. Kombinasi dari strategi pengembangan pasar, strategi penetrasi pasar, dan strategi pengembangan produk merupakan strategi pertumbuhan yang pas untuk Toko Persatuan. Kata kunci: Analisis lingkungan internal, analisis lingkungan eksternal, analisis SWOT-4K, strategi pertumbuhan.

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 04 Jul 2018 09:37
Last Modified: 31 Aug 2018 08:50
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/265

Actions (login required)

View Item View Item