PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIYANTI, KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Wulandari, Wulandari and Putro, Khamim Zarkasih and Priyastiwi, Priyastiwi (2018) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS III DI SEKOLAH DASAR NEGERI GIYANTI, KECAMATAN CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161203203 WULANDARI.pdf

Download (442kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Siswa kelas III SDN Giyanti masih ada yang mengeluhkan kesulitan mengingat dan memahami materi yang diajarkan karena muatan materi IPA yang beragam dan cukup banyak. Materi pokok energi dan kegunaanya memiliki kecenderungan persentase ketuntasan siswa yang rendah karena muatan materi didalamnnya cukup banyak, beragam dan memerlukan pemahaman. Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa menjadi perlu dicarikan solusi agar pembelajaran lebih efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning dapat meningkatkan prestasi siswa tentang pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas III di Sekolah Dasar Negeri Giyanti, Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Jumlah seluruh siswa adalah 25 siswa, yang terdiri dari 10 siswa putra dan 15 siswa putri. Hasilnya penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran IPA, telah berhasil meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Giyanti, Kecamatan Candimulyo, Kabupaten Magelang. Peningkatan prestasi belajar IPA siswa dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata tes dan presentase ketuntasan belajar siswa dari pra tindakan, tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. Pada kondisi awal atau pra tindakan nilai rata-rata IPA siswa sebesar 6,94. Pada akhir siklus 1 nilai rata-rata IPA siswa meningkat menjadi 7,48 dan pada akhir siklus II menjadi 8,28. Prestasi belajar IPA siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan karena telah dilakukan upaya-upaya perbaikan dalam pembelajaran siklus II. Upaya-upaya itu meliputi guru menuliskan catatan-catatan penting pada papan tulis terkait dengan pokok-pokok materi atau pada saat memberikan penguatan hasil diskusi. Guru memberikan teguran kepada siswa yang ramai di kelas. Guru selalu memberikan semangat dan motivasi kepada siswa agar berani bertanya maupun menyampaikan pendapat. Serta guru membacakan soal pada saat siswa mengerjakan soal evaluasi untuk membantu siswa yang kesulitan membaca. Setelah dilakukan upaya perbaikan pada siklus II, kegiatan pembelajaran di siklus II meningkat lebih baik dibandingkan siklus I. Persentase ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan. Kata Kunci : Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 07 Sep 2018 08:29
Last Modified: 07 Sep 2018 08:37
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item