Makhasi, Ghifari Yuristiadhi Masyhari and Sutikno, Bayu and Chasanah, Uswatun (2018) STRATEGI BERSAING HOTEL DESA PURI SYARIAH DALAM KOMPETISI JASA AKOMODASI HALAL DI YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.
|
Text
151102917 GHIFARI YURISTIADHI MASYHARI MAKHASI.pdf Download (408kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi Hotel Desa Puri Syariah untuk menghadapi persaingan dalam industri akomodasi syariah di Yogyakarta, 2) mengetahui faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan bagi Hotel Desa Puri Syariah untuk menghadapi persaingan dalam industri akomodasi syariah di Yogyakarta, dan 3) mengetahui strategi bersaing yang dipilih oleh Hotel Desa Puri Syariah untuk menghadapi persaingan dalam industri akomodasi syariah dalam rangka mencapai tujuan dan sasaran perusahaan sejauh mana telah berhasil atau perlu diberi masukan untuk perbaikan. Disain penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek atau informan yang diambil dalam penelitian ini ditentukan dengan prosedur purposif. Pengumpulan data penelitian ini adalah dengan wawancara mendalam (deep interview). Analisis yang dipilih dalam penelitian ini adalah analisis SWOT klasik. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Faktor-faktor internal yang menjadi kekuatan Hotel Desa Puri Syariah untuk menghadapi persaingan dalam industri akomodasi syariah di Yogyakarta hari ini adalah: 1) Jejaring yang kuat, 2). Fokus produk layanan akomodasi, 3). Strategi pemasaran online, dan 4). Penentuan harga yang kompetitif. Sedangkan kelemahan yang dimiliki adalah: 1) Tenaga kerja yang sulit dikembangkan, 2) Penggunaan teknologi yang belum maksimal, 3) Standard produk halal yang belum terpenuhi sepenuhnya, dan 4) Keuangan yang menggunakan dana pribadi. (2) Faktor-faktor eksternal yang menjadi peluang Hotel Desa Puri Syariah untuk menghadapi persaingan dalam industri akomodasi syariah di Yogyakarta hari ini adalah: 1) Peluang pasar muslim Indonesia dan dunia, 2) Citra merk perusahaan, 3) Kepercayaan konsumen dalam dan luar negeri, 4) Perkembangan teknologi digital, dan 5) Yogyakarta sebagai kota tujuan pariwisata dan hadirnya bandara baru. Sedangkan kelemahannya antara lain: 1) Mulai tumbuhnya kompetitor baru yang tidak terpetakan, 2) Belum termaksimalkannya teknologi, 3) Regulasi pajak pemerintah, dan 4) Kurang loyalnya sumber daya manusia. (3) Dengan analisis SWOT klasik, dipilih strategi bersaing untuk pengembangan Hotel Desa Puri Syariah untuk menghadapi persaingan dalam industri akomodasi syariah hari ini yakni strategi peluang-kekuatan yang terdiri dari dua strategi yakni: (a) Ekspansi pemasaran di kalangan masyarakat muslim dan non-muslim dan (b) Optimalisasi digital marketing. Kata kunci: Hotel Desa Puri Syariah, Strategi Bersaing, Internal, Eskternal, SWOT Klasik, Akomodasi Halal
Item Type: | Thesis (Tesis) |
---|---|
Subjects: | C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | S2 Manajemen |
Depositing User: | Perpus MM STIE Widya Wiwaha |
Date Deposited: | 07 Sep 2018 08:49 |
Last Modified: | 07 Sep 2018 08:52 |
URI: | http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/278 |
Actions (login required)
View Item |