ANALISA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA KEPUASAN PELANGGAN PAUD BAI DI GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA

Sutrisno, Budi and Gunanto, Endy and Chasanah, Uswatun (2018) ANALISA PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PADA KEPUASAN PELANGGAN PAUD BAI DI GAMPING SLEMAN YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161103170 BUDI SUTRISNO.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisa pengaruh kualitas pelayanan dilihat dari lima dimensi: atribut fisik, kehandalan, keresponsifan, jaminan dan kepastian, dan empati sebagai strategi pemasaran untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Perumusan masalah diawali dari identifikasi munculnya isu-isu keluhan pelanggan tentang layanan PAUD BAI di Gamping Sleman Yogyakarta, sehingga rumusan masalah penelitian ini adalah beberapa pelanggan belum puas dengan kualitas layanan PAUD BAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut fisik, kehandalan, keresponsifan, kepastian, dan empati secara parsial maupun simultan pada kepuasan pelanggan dan untuk mengetahui dimensi kualitas yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan PAUD BAI. Desain penelitian ini adalah penelitian survey dengan sampel semua pelanggan PAUD BAI sehingga penelitian ini disebut penelitian populatif. Untuk analisis data dan menguji hipotesis digunakan regresi linier berganda dengan melakukan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa atribut fisik, keresponsifan, jaminan dan kepastian, dan empati secara parsial berpengaruh positif dan signifikan pada kepuasan pelanggan PAUD BAI. Kehandalan secara parsial berpengaruh negatif pada kepuasan pelanggan. Variabel jaminan dan kepastian adalah variabel yang memberikan pengaruh paling dominan pada kepuasan pelanggan PAUD BAI. Prosentasi sumbangan pengaruh simultan variabel atribut fisik, kehandalan, keresponsifan, jaminan dan kepastian, dan empati pada kepuasan pelanggan PAUD BAI 94,90%, sisanya, 5,10% merupakan nilai kepuasan konsumen PAUD BAI yang dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Kata kunci : lima dimensi kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, regresi linier berganda,

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 07 Sep 2018 09:52
Last Modified: 07 Sep 2018 09:53
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/288

Actions (login required)

View Item View Item