EVALUASI DAN STRATEGI PENINGKATAN PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PADA DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA DIY TAHUN 2017

Sudjatmoko, Philippus Helly Angkasa and PH, Slamet and Suhartono, Suhartono (2018) EVALUASI DAN STRATEGI PENINGKATAN PENYALURAN TUNJANGAN PROFESI GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DAERAH JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH PADA DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA, DAN OLAHRAGA DIY TAHUN 2017. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
161103148 PHILIPPUS HELLY ANGKASA SUDJATMOKO.pdf

Download (472kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Evaluasi dan strategi peningkatan penyaluran tunjangan profesi guru pegawai negeri sipil daerah jenjang pendidikan menengah pada Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2017 mempunyai bertujuan (1) menemukan kendala dalam penyaluran tunjangan profesi guru pegawai negeri sipil daerah jenjang pendidikan menengah. (2) menemukan strategi dalam percepatan penyaluran tunjangan profesi guru pegawai negeri sipil daerah jenjang pendidikan menengah. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan pengambilan sample berdasarkan Non Probality Sampling, yaitu teknik pengambilan sample yang tidak memberikan peluang atau kesempatan yang sama bagi unsur atau anggota pupulasi untuk dipilih menjadi sample. Adapun teknik sampling yang dipergunakan adalah purposive sampling dan snowball sampling. Hasil penelitian evaluasi dan strategi penyaluran tunjangan profesi guru pegawai negeri sipil daerah jenjang pendidikan menengah adalah ditemukan kendala (1) Sebagian besar guru yang berusia 50 tahun ke atas tidak membuka aplikasi Info.GTK. (2) perubahan data golongan dan masa kerja guru terjadi setiap tahun, tetapi perubahan data tersebut tidak disampaikan segera kepada operator Dapodik. (3) gaji/ kompensasi yang diberikan kepada operator Dapodik selaku pengelola data tunjangan lebih rendah dari upah minimum provinsi. (4) struktur organisasi Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga belum mengalami perubahan pasca diberlakukannya Undang-Undang 23 Tahun 2014. (5) terjadi kesalahan golongan dan masa kerja. (6) dokumen atau berkas yang dipergunakan dasar verifkasi dan validasi sangat tebal dan sebagian tidak memuat informasi yang dibutuhkan. Untuk memecahkan persoalan tersebut di atas dilakukan melalui strategi (1) sosialisasi pemanfaatan aplikasi Info.GTK yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta.(2)pemenuhan Standar Operasional Standar (SOP) untuk mengurangi dampak perubahan golongan dan masa kerja.(3) Insentif bagi operator Dapodik yang berstatus Non PNS. (4) Dibentuknya Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) yang merupakan wujud perubahan struktur organisasi dari Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. (5)verifikasi data guru pada Aplikasi Dapodik sekolah Menengah Atas dan Kejuruan. (6)Penyederhanaan dokumen/berkas guru calon penerima tunjangan profesi guru pegawai negeri sipil daerah jenjang pendidikan menengah. Kata kunci: kendala, strategi

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 10 Sep 2018 03:43
Last Modified: 10 Sep 2018 03:43
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/296

Actions (login required)

View Item View Item