PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KESEHATAN HOLISTIK MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES MADANI YOGYAKARTA

Ulum, Tri Hardi Miftahul and Sutikno, Bayu and Sulastiningsih, Sulastiningsih (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KAMPUS TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KESEHATAN HOLISTIK MAHASISWA KEPERAWATAN STIKES MADANI YOGYAKARTA. Tesis thesis, STIE Widya Wiwaha.

[img]
Preview
Text
141102535 TRI HARDI MIFTAHUL ULUM.pdf

Download (739kB) | Preview
Official URL: http://stieww.ac.id

Abstract

Dengan segala keterbatasan baik dari segi fasilitas maupun sarana pendukung lainnya yang belum sesuai dengan standar sarana dan prasarana, kampus STIKes MADANI Yogyakarta sekurang-kurangnya memiliki prasarana yang dikelompokkan dalam ruang pembelajaran umum (ruang kelas, ruang perpustakaan, ruang laboratorium), ruang penunjang (ruang pimpinan, ruang dosen, ruang tata usaha, ruang beribadah, ruang konseling, klinik, dll), dan ruang pembelajaran khusus (ruang praktik yang disesuaikan dengan mata kuliah) salah satunya adalah ruang praktik kesehatan holistik yang masih banyak kekurangan dibidang perlengkapan alat. Dengan adanya masalah keterbatasan fasilitas di lingkungan kampus STIKes MADANI Yogyakarta dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa yang berakibat terhadap nilai hasil yang tidak maksimal, hal ini ditandai dengan nilai rata-rata mahasiswa adalah 75,00 pada tahun ajaran 2017/2018 STIKes MADANI Yogyakarta merupakan salah satu kampus tinggi swasta di Yogyakarta yang mengembangkan keilmuan kesehatan holistik pada mahasiswa keperawatan. Pada dasarnya tujuan dari pembelajaran ini adalah membentuk tenaga kesehatan yang tidak hanya memiliki kemampuan medis saja tetapi juga kemampuan pengobatan non medis sebagai alternatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan kampus terhadap prestasi belajar pendidikan kesehatan holistik mahasiswa keperawatan stikes Madani Yogyakarta. Rancangan penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan jumlah sampel 44 orang mahasiswa yang telah mendapatkan matakuliah holistik islami. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi yang kemudian diolah menggunakan analisis data regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan motivasi belajar dan lingkungan kampus terhadap prestasi belajar pendidikan kesehatan holistik mahasiswa STIKes Madani Yogyakarta. Kata kunci : Motivasi belajar, lingkungan kampus dan prestasi belajar

Item Type: Thesis (Tesis)
Subjects: C. Magister Manajemen > Manajemen Pendidikan
Divisions: S2 Manajemen
Depositing User: Perpus MM STIE Widya Wiwaha
Date Deposited: 10 Sep 2018 05:11
Last Modified: 10 Sep 2018 05:11
URI: http://eprint.stieww.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item View Item